1.12.15

Ringkasan Artikel : Agar Anak Lebih Terbuka dengan Orangtua

Manik Muthmain
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 
Yogyakarta



JAKARTA, Maraknya berita mengenai kekerasan pada anak tentu membuat orangtua khawatir. Salah satu kunci mencegah terjadinya kekerasan pada anak adalah adanya komunikasi yang baik antara orangtua dan anak. Diharapkan anak bisa menceritakan segala hal yang ia alami di sekolah, tempat bermain, atau bahkan di rumah sendiri jika terjalin komunikasi yang baik dengan orangtuanya.


Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo mengatakan, untuk membuat anak lebih terbuka memang perlu waktu yang tak sebentar. Hal itu bisa dimulai dengan meluangkan waktu bersama anak setiap hari. Buatlah anak nyaman berkomunikasi sehingga mau menceritakan apa saja dengan orangtua. Biasanya, anak yang tidak mau terbuka dengan orangtua karena takut dimarahi atau disalahkan.


Vera mengatakan, jadilah pendengar yang baik ketika anak bercerita tanpa memarahi maupun memojokkannya. Hindari gaya interogasi, seperti sering menanyakan hal yang sama setiap hari. Orangtua bisa bercerita terlebih dahulu untuk memancing anak bercerita tanpa harus ditanya. Membiasakan anak untuk bercerita juga dapat mencegah terjadinya kekerasan, termasuk kekerasan seksual. (Dian Maharani)

Sumber : Kompas | Senin, 23 November 2015


0 komentar:

Posting Komentar