26.11.15

Ringkasan Artikel : Menjadi seorang Karyawan atau Memiliki Usaha Sendiri?

Manik Muthmain 
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Menjadi pengusaha atau karyawan? Itulah pertanyaan yang sering kita temui setelah lulus sekolah formal, namun pertanyaan tersebut tergantung pilihan Anda. Seperti memilih barang murah atau mahal selalu ada positif dan negatifnya. Barang murah belum tentu tahan lama namun bisa mengurangi pengeluaran sedangkan barang mahal lebih tahan lama, namun itu semua tergantung cara Anda menggunakan barang tersebut.

Begitupula pengusaha dan karyawan, jika Anda memilih menjadi pengusahan tentu saja waktu Anda lebih fleksible. Anda dapat meluangkan banyak waktu untuk keluarga dan waktu liburanpun Anda yang menentukan sendiri, namun dibalik itupun tentu ada hal yang perlu dicermati dari segi penghasilan menjadi lebih fleksible. Penghasialan tergantung cara Anda meminimalisir resiko dan merancang strategi untuk meningkatkan penghasilan.

Lalu bagaimana dengan menjadi karyawan? Pendapatan setiap bulan setabil, mau malas – malasan, mau tidur di jam kerja itu tergantung kebijakan perusahaan tempat Anda kerja. Anda dapat meningkatkan penghasilan jika naik jabatan, yang entah kapan datangnya. Tentukan pilihan Anda, karena pilihan Anda adalah jalan hidup untuk mencapai kesuksesan. (Andrew Nugraha)



Sumber : Tribun Jogja | Sabtu 16 November 2015 | hal. 16

0 comments:

Post a Comment