26.11.15

Ringkasan Artikel : Apa Penyebab Kegagalan Entrepreneur Sejati ?

Manik Muthmain
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Ada beberapa faktor yang membuat para entrepreneur gagal dalam memulai bisnis mereka, yaitu :

  • Pertama, keahlian turun-temurun. Banyak orang beranggapan bahwa menjadi entrepreneur itu biasanya karena ada faktor keturunan karena mereka melihat banyak pengusaha yang sukses merupakan anak atau saudara dari entrepreneur juga. Sebenarnya para pengusaha tersebut bisa sukses karena sudah terbiasa bisnis sejak masih kecil, bukan karena garis keturunan yang dimilikinya. Anda juga bisa menjadi entrepreneur sukses, bila memiliki tekad dan motivasi yang kuat.

  • Kedua, butuh modal besar. Modal usaha memang penting tapi yang perlu diingat tidak semua usaha membutuhkan modal besar. Banyak usaha yang dapat dimulai dengan modal kecil seperti bisnis online atau usaha rumahan dengan resseler produk.
  • Ketiga, mendapat peluang bagus. Keinginan seseorang untuk membuka usaha, sering terhambat karena selalu berpikiran bahwa sebuah usaha bisa sukses karena adanya peluang bagus. Sehingga mereka hanya menunggu sampai peluang bagus itu datang menghampiri. Padahal peluang usaha itu dicari, bukan hanya ditunggu.
  • Keempat, entrepreneur itu bakat, tidak bisa dipelajari. Jiwa wirausaha itu ada, bukan karena bakat semata. Keahlian dalam menjalankan bisnis bisa diperoleh dengan berbagai cara, misalnya mengikuti pelatihan bisnis, seminar bisnis atau membaca buku-buku dan majalah bisnis. Asalkan ada tekat yang kuat, keahlian dan pendalaman menjalankan bisnis dapat Anda kuasai dari proses belajar. (Andrew Nugraha)


Sumber : Tribun Jogja | Sabtu, 21 November 2015 | hal. 18

0 comments:

Post a Comment