11.11.15

Berkat Tuyul Usaha Jamur Jalan Terus



Dewi Larasati

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Ringkasan Materi :
Berkat Tuyul Usaha Jamur Jalan Terus



            UD.Kuping Gajah merupakan salah satu usaha budidaya jamur yang hingga saat ini masih bertahan. Pemilik memiliki cara jitu dalam menjalankan bisnisnya. Selama lebih dari 16 tahun bergelut di dunia jejamuran, pria ini sukses lantaran memelihara tuyul. Bukan tuyul si hantu kecil berkepala otak dan bercelana pendek itu, namun tuyul yang merupakan singkatan dari tekun ulet yakin usaha lancar.
Kata Slamet sebagai pemilik, ia melihat puluhan temannya sesama perajin jamur terpaksa gulung tikar karena kesalahan sistem kerja. Awalnya, hibah dari pemerintah hanya mampu mampu bertahan hingga jamur menginjak masa panen. Namun setelah dana hibah itu habis dan perajin tidak memiliki modal lagi, mereka harus menutup usahanya.
Sebenarnya bagaimana suatu usaha bisa sukses adalah kuncinya telaten dan ulet menjalankannya. Apalagi budidaya jamur ini sangat dibutuhkan ketelatenan yang tinggi dan menjaga kelembaban kumbung jamur, menjaga sirkulasi udara, dan pantulan sinar matahari. Tidak ada usaha yang berat, kalau mau tekun keuntungan bisa 200% sendiri.

Tribun Jogja , Sabtu 11 April 2015


0 comments:

Post a Comment