11.11.15

Hubungan Antara Manusia Dan Keindahan




Dewi Larasati

Fakultas Psikologi

Univrsitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Ringkasan Materi :
Hubungan Antara Manusia Dan Keindahan


          Terdapat  beberapa pengertian tentang keindahan, yaitu keindahan dilihat dalam arti luas, estetik murni, serta dlam arti terbatas. Keindahan identik dengan kebenaran dan kebenaran yang identik dengan keindahan. Keduanya memiliki nilai yang sama yaitu abadi dan memliki daya tarik yang abadi. Apabila tidak mengandung kebenaran, maka tidak dapat disebut indah.
Hubungan manusia dengan keindahan sangat erat kaitannya. Dimana keindahan yang memiliki arti bagus, menarik, rupawan, adalah sebuah kebutuhan yang di perlukan seorang manusia. Manusia akan mewujudkan hal ini untuk memuaskan hasrat yang dibutuhkan oleh rasa inginnya.
Keindahan sebagai hasil karya manusia, dengan melihat dan merasakan apa yang disukai orang lain maka hal itu akan mendorong kita agar membuat sebuah keindahan dengan tujuan agar orang lain mau membeli karya kita. Disinilah ada penghargaan dari keindahan yang diciptakan melalui imajinasi tinggi kita. Selain arti keindahan yang telah diuraikan sebelumnya adapula keindahan lainnya yang juga memiliki arti yang luas, yaitu sebagai berikut :
1.      Keindahan jasmani, keindahan ini dapat dilihat dengan melihat apa yang kita miliki secar fisik.
2.      Keindahan seni, yaitu dengan meihat hasil karya yang kita buat
3.      Keindahan alam, yaitu penglihatan akan suatu pesona alam yang dapat dijelaskan dengan kata-kata
4.      Keindahan moral, dapat dilihat dari perilaku dan tata perilaku dari tiap individu.
5.      Keindahan intelek, adalah bagaimana cara berfikir seseorang.



  

0 comments:

Post a Comment