11.11.15

Gunungan Gula Kelapa Pererat Persaudaraan





Dewi Larasati

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Ringkasan Materi :
Gunungan Gula Kelapa Pererat Persaudaraan


         Gunungan Gula Kelapa adalah sebuah ritual budaya warga Pedukuhan Gunungrejo Desa Hargorejo,Kokap Kulonprogo mengadakan upacara merti dusun atau bersih dusun. Prosesi ritual budaya dimulai dari halaman Masjid Mansya UI Islamy,peserta berkumpul dengan membawa gunungan hasil bumi dan gunungan gula kelapa.
Setelah semuanya siap,rombongan arak-arakan berjalan kaki menuju rumah sesepuh pedukuhan setempat, Mbah Pringgo. Selama perjalanan, mereka mengumandangkan sholawat Nabi dan lagu-;agu Islami dengan iringan musik tradisional termasuk bedug.
Mengapa mereka mengadakan ritual iini dan apa tujuannya, adalah mereka berharap melalui ritual inni budaya semangat gotong royong, toleransi, guyuh rukun antar masyarakat selalu terjaga bahkan semakin meningkat.
Gunungan hasil bumi merupakan simbol ungkapan rasa syukur sekaligus pengharapan agar masyarakat Pedukuhan Gunungrejo yang sebagian besar petani selalu makmur dengan melimpahnya hasil pertanian. Sedangkan gunungan kelapa mengandung sejarah, karena ubarampe tersebut sebagai penghormatan kepada Sunan Geseng atau Ki Cokrojoyo.
Apa hubungannnya antara artikel tersebut dengan Psikologi Lingkungan? Artikel tersebut menginspirasi kita untuk lebih kmpak dan banyak bergotong royong dalam masyarakat. Rukun dalam hubungan masyarakat sangat penting untuk diterapkan.
KR, 1 Juni 2015


0 comments:

Post a Comment