11.11.15

Ortu Jangan Larang Pakai ‘Tidak Boleh’





Dewi Larasati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Ringkasan Materi :
Ortu Jangan Larang Pakai ‘Tidak Boleh’


Manis atau jalannya pelan-pelan ketika melihat anak tidak bisa diam atau belarian tidak jelas dan berisik. Bagaimana anak bisa menerima pesan kita dengan baik, unty tidak melakukan apa yanhg kita larang. Pada anak usia 1-3 tahun meniru ekspresi orang tuanya. Bila orangtua menunjukkan rasa panik secara berlebihan saat anak jatuh, meski hanya lecet, anak pun akan menganggap kejadian jatuh sebagai hal yang patut dibesar-besarkan. Orangtua yang tenang, juga membuat anak bersikap tenang, dan ini bagian dari pendidikan orangtua pada anak, bahwa bersikap tenang menghadapi sesuatu akan bisa mengatasi masalah lebihi baik.
Cara yang baik untuk mmenjaga sikap dan ekspresi yaitu dengan sikap tetap tenang, dan menyiapkan cerita untuk anak. Cara ini menciptakan keakraban emosi antara orangtua dan anak dapat meningkat. Mendongeng selama 15 menit sebelum tidur,dengan membacakan cerita , orangtua berada disampingnya mengadakan kontak fisik sperti memeluk atau membelai kepala anak. Membuat anak merasa aman dan nyaman bersama orangtuanya.
Saat bercerita orangtua juga bisa menjelaskan mengenai mengapa ini dilarang, mengapa itu tidak boleh, melalui alur cerita, anak akan lebih merekam dengan sempurna dan selalu ingat. Langkah ini juga membuat anak merasa bahwa patuh pada orangtua tidak akan celaka.
Penelitian juga memperihatkan, lebih dari 75% anak ingin orangtua mereka yang membacakannya. Saat yang dibacakan cerita yang menarik, perhatian anak-anak akan tertuju pada cerita itu. Dengan mendengarkan, anak belajar bagaimana sebuah kata diucapkan. Ketika mendengar menjadi seuah kebiasaan, maka dengan sendirinya anak juga berkonsentrasi dan melatih kemampuan logikanya.
KR , 20 Mei 2015

0 comments:

Post a Comment