6.11.15

Lulusan Dibekali Keterampilan Kerja


Tri Jumiati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Keterampilan adalah kelebihan atau kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk mampu menggunakan akal, fikiran, ide dan kreativitasnya, dalam mengerjakan atau menyelesaikan seseuatu denganm cepat. Pada dasarnya Keterampilan akan lebih baik bila terus diasah dan dilatih untuk menaikkan kemampuan yang di miliki sehingga akan menjadi ahli atau menguasai dari salah satu bidang keterampilan yang sudah ada. 

Maka, untuk menjadi seseorang yang terampil dengan memiliki keahlian khusus pada bidang tertentu haruslah melalui latihan dan belajar dengan tekun supaya dapat menguasai bidang tersebut dan dapat memahami dan dapat dengan mudah mengaplikasikannya.


Keterampilan dibagi menjadi 4 kategori yaitu:
  1. Basic Literacy Skill : Keahlian dasar yang sudah pasti harus dimiliki oleh setiap orang seperti membaca, menulis, berhitung serta mendengarkan.
  2. Technical Skill        : Keahlian secara teknis yang didapat melalui pembelajaran dalam bidang teknik seperti mengoperasikan komputer dan alat digital lainnya.
  3. Interpersonal Skill  : Keahlian setiap orang dalam melakukan komunikasi satu sama lain seperti mendengarkan seseorang, memberi pendapat dan bekerja secara tim.
  4. Problem Solving    : Keahlian seseorang dalam memecahkan masalah dengan menggunakan logikanya.

Kerja merupakan sesuatu yang dikeluarkan oleh seseorang sebagai profesi, sengaja dilakukan untuk mendapatkan penghasilan. Kerja dapat juga di artikan sebagai pengeluaran energi untuk kegiatan yang dibutuhkan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu.

Jadi, keterampilan kerja adalah suatu kemampuan, keahlian atau kelebihan yang dimiliki oleh seseorang untuk mampu menggunakan akal, fikiran, ide dan kreativitasnya, dalam mengerjakan atau menyelesaikan sesuatu dengan cepat.  

Sumber : DIA & NDY. (2015). Lulusan dibekali keterampilan kerja. Kompas. 02 November. Halaman 12.

0 comments:

Post a Comment