30.10.15

Team Work


TEAM WORK



Aldy Febrianto & Ana Prihatini
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
   Apa yang ada dibenak kalian saat mendengar kata team work? Tentunya bermacam-macam mungkin kerjasama, berkelompok, pekerjaan jadi lebih ringan, terlepas dari semua pemikiran itu,Team work adalah bentuk kerjasama kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai misi yang sudah disepakati sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efesien.
Kerjasama yang baik terbangun oleh anggota-anggota tim yang handal dan mempunyai kemampuan atau keterampilan sebagai berikut:
a. Motivasi              
b. Memperluas wawasan
c. Mengungkapkan ide
d. Negosisai
e. Menghargai orang lain
Tujuan utamanya tentunya membuat suatu pekerjaan lebih mudah dikerjakan serta mendapatkan pengetahuan yang beragam mengenai permasalahan yang ada dari semua anggota kelompok. Beberapa sikap dan kegiatan yang perlu kita miliki untuk menjaga kekompakan kelompok:
1.    Kesadaran dan pengertian
Kesadaran tentunya diiringi dengan sikap pengertian dimana masing-masing anggota tau diri akan tugas dan apa saja yang sudah ia sumbangkan untuk kelompoknya dengan begitu tidak ada anggota yang terzolimi.
2.    Jangan egois
Jangan sampai hanya karna satu orang maka kerjasama tim yang sudah anda bangun berantakan, jika anda mempunyai anggota tim yang egois sebaiknya diberikan pengertian.
3.    Pemimpin yang bijaksana
Pemimpin yang bijaksana akan membuat anggota tim menjadi betah dan jika anggota tim sudah betah maka produktifitas kerja mereka akan meningkat dan hal itu merupakan hal yang menguntungkan bagi kelompok.
4.    Terbuka
Sebuah tim yang solid harus saling terbuka satu sama lain sehingga antar sesama anggota  bisa saling mengkritik (kritik membangun tentunya) dan mengevaluasi hasil kerja tim.
            Manfaat tim bagi individu dan tim bagi organisasi, yaitu:
A.      Manfaat tim bagi individu
1)   Pekerjaan lebih bervariasi
2)  Lebih banyak kebebasan untuk membuat dan menindaklanjuti keputusan yang benar
3)   Meningkatkan kesempatan untuk mempelajari keahlian baru
B.       Manfaat tim bagi organisasi
1)   Meningkatkan komitmen terhadap keputusan yang diambil
2)   Meningkatkan produktivitas tim kerja
3)   Lebih fleksibel dalam operasional kerja
4)   Meningkatkan rasa tanggungjawab

Pada hari Senin 12 Oktober 2015 pukul 13.00-14.00 WIB kami mengadakan mimbar akademik yang dimana mengusung tema Team Work dengan jumlah peserta yang menghadiri acara sebanyak 23 orang. Semuanya sangat antusias membahas materi yang kami sajikan di depan mimbar. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta mimbar, saat itu kami merasa senang karena banyak yang antusias dalam bertanya, disisi lain kami juga sudah siap dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Tetapi ada beberapa pertanyaan juga yang di bantu dalam menjawabnya oleh para peserta. Suka duka yang kami lewati dalam kegiatan mimbar akademik ialah waktu bertemu untuk mengerjakan bersama, karena salah satu dari kami ada yang sambil kerja jadi waktu yang dipunyai untuk bertemu mendiskusikan mimbar ini sedikit kurang tetapi hal itu tidak menjadi penghalang yang besar buat kami, kami mengusahakan untuk selalu berkomunikasi agar nanti pada saat tampil memberikan hasil yang terbaik. Acara mimbar akademik psikologi UP45 ini berjalan selama satu jam dimana pada waktu tersebut kami memberikan materi mengenai team work dan memberikan game serta video yang dimana itu berkaitan dengan materi yang kami sajikan.

Untuk video yang kami tampilkan video ini berisi mengenai hal-hal yang berkaitan mengenai team work dimana pada video ini kami sebagai penyaji berusaha memberikan penyadaran kepada para peserta bahwa team work itu perlu dan sangat penting untuk dimengerti dan di lakukan dengan baik agar nantinya organisasi atau dimana saja anda berada hal ini dapat membuat anda bisa bekerja sama dengan baik dengan siapapun itu partner anda, anda bisa melihat video yang kami sajikan pada alamat berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=fm1gh5GAmWc

Game Kerjasama Tim
·         Tujuan game adalah untuk menumbuhkan rasa saling bernegosisasi terhadap para sesama anggota tim, melatih kekompakan para anggota tim, menumbuhkan rasa kebersamaaan dan bisa juga menemukan jiwa kepemimpinan di anggota tim.
·         Peralatan yang digunakan adalah tongkat bambu atau alat lain yang panjang lurus kira-kira berukuran 1 meter.
·         Jumlah peserta adalah 8 orang untuk satu tongkat berukuran satu meter dimana 4 orang dibagian kanan dan 4 orang dibagian kiri
·         Waktu yang dibutuhkan adalah setengah jam
·         Prosedur game :
1.    Peserta dibagi tiga kelompok dimana satu kelompok berisi 8 orang untuk tongkat berukuran satu meter
2.    Tongkat berukuran satu meter dibagikan kepada setiap kelompok dimana satu kelompok mendapatkan satu tongkat lurus berukuran satu meter
3.    Instruksi pada game ini yaitu pada setiap kelompok mempunyai 8 orang dimana peserta harus saling berhadapan dan berbaris rapi seperti orang baris berbaris tetapi posisinya mereka saling berhadapan lalu setelah berhadapan peserta diperintahkan untuk mengangkat tangannya dan menjulurkan jari terunjuknya setelah itu tongkat diletakan diatas jari telunjuk para peserta sehingga posisi jari telunjuk peserta berada di bawah tongkat, cara kerjanya setiap peserta harus menyentuhkan kedua jari telunjuknya ke tongkat diatasnya lalu berusaha bersama-sama menurun tongkat tersebut dengan perlahan secara beraturan tanda melepaskan sentuhan dari tongkat tersebut yang berada diatas telunjuk masing-masing peserta, peserta dilarang untuk melepaskan sentuhan jari telunjuknya apabila melepaskan sentuhan maka game dimulai dari awal lagi ,keberhasilan game ini terjadi apabila tim bisa meletakkan tongkat tersebut kelantai tanpa melepaskan sentuhannya yang berada di bawah tongkat tersebut.
4.    Agar seru apabila pada posisi berdiri tidak bisa ditemukan keberhasilan maka peserta dibolehkan memulai dari posisi berlutut.
5.    Pada akhir game trainer memberikan penjelasan mengenai game yang dilakukan dan maksud serta tujuan diadakannya game ini sehingga peserta menyadari betapa pentingnya kerjasama diantara para peserta dalam satu kelompoknya.
·         Diskusi:
1.    Kelompok yang memenangkan game adalah kelompok yang bisa meletakkan tongkat tersebut ke lantai tanpa melepaskan sentuhan jari telunjuknya dan dalam waktu yang paling cepat
2.    Apabila dalam suatu kelompok ada anggota yang terus mengeluh,mengkritik dan mudah menyerah maka berilah motivasi
3.    Apabila ada peserta yang pasif maka ajaklah dia untuk ikut serta.

Lampiran :





Daftar pustaka :

0 comments:

Post a Comment