20.10.15

"TANTANGAN DUNIA KERJA BAGI SEORANG FRESH GRADUATE"

"TANTANGAN DUNIA KERJA BAGI SEORANG FRESH GRADUATE"

Jati Pramono
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 
Yogyakarta
 
Sebagai seorang yang baru lulus kuliah tentunya menjadi suatu kebanggan tersendiri. Untuk menginjak dan memulai suatu aktivitas atau pekerjaan yang baru tentunya perlu waktu untuk adaptasi dengan lingkungan kerja zaman sekarang. Memasuki era zaman sekarang para lulusan diharapkan tidak hanya pintar dalam hal akademik tapi harus memiliki yang lainnya misalnya mempunyai communication skill yang baik, relationship yang baik dan pengetahuan bahasa asing yang baik juga. Para lulusan baru akan dihadapkan dengan bermacam tantangan dunia kerja. Penulis memberikan beberapa contoh tantangan yang akan dihadapi oleh para fresh graduated yakni:


(1). Para fresh graduate menghadapi tantangan diri sendiri. Tantangan tersebut misalnya bagaimana merubah kebiasaan yang monoton misalnya suka begadang, sifat malas berkomunikasi dengan banyak orang (pendiam), anak rumahan (tidak suka keluar rumah) dll.
(2). Para fresh graduated menghadapi tantangan keluarga. Tantangan tersebut misalnya tuntutan dari orang tua untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, hal ini bisa menimbulkan reaksi stress tersendiri bagi fresh graduate mengingat persaingan dunia kerja yang semakin kompleks.
(3). Para fresh graduates menghadapi tantangan masyarakat. Tantangan tersebut misalnya seberapa penting peranannya di lingkungan masyarakat seperti menjadi ketua pengurus pemuda di masyarakat/karang taruna.
Teori berdasarkan pengertian John Locke (Gerungan, 1987 dalam Sobur,2003: 84) yang mengatakan bahwa  sensasi adalah unsur-unsur pengalaman pancaindera yang disebabkan oleh perangsang-perangsang diluar manusia, misalnya cahaya, suara, bau, manis, dsb; sedangkan refleksi adalah kesadaran atau pengetahuan tentang pengalaman sensasi tadi. Khususnya refleksi (ideas of reflection) adalah : (1). Ide-ide yang kita miliki ketika mengintropeksi apa yang kita lakukan dalam aktivitas-aktivitas, seperti berpikir, berkehendak, meragukan, mendengar, menyentuh, melihat; dan (20) apa yang dipersepsi pikiran dalam kesadaran atau refleksi atas fungsi-fungsinya. Pendapat tersebut dilatarbelakangi  pikiran sebelum lahir (atau pengalaman tertentu) adalah seperti sebuah lembaran (atau batu tulis atau selembar kertas putih0 yang kosong dan melalui rangsangan dari dunia luar, sensasi-sensasi (ide-ide sederhana) tercatat pada lembaran itu. Berdasarkan teori tersebut dan ilustrasi diatas, menurut saya seorang fresh graduate yang berbeda bidang bagaikan kertas putih yang kosong. Lingkungan dan adaptasi yang tepat yang akan mengisi kertas putih tersebut.

Menurut saya berdasarkan ilustrasi dan teori diatas maka dapat dikatakan bahwa seorang fresh graduate memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan. Namun pada perjalanannya, terdapat pengetahuan-pengetahuan yang belum dimiliki oleh si fres graduate, sehingga hal tersebut dapat diumpamakan sebagai kertas kosong. Kemudian, lingkungan dan adaptasi yang tepat dapat memberikan suatu pengalaman yang berharga kepada fres graduate untuk memiliki ketrampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja sekarang. Lingkungan dan adaptasi tersebut, saya umpamakan sebagai lingkungan yang mengisi kertas kosong atau khususnya ketrampilan yang belum dimiliki oleh fres graduate.

Berdasarkan teori diatas hal yang dapat dilakukan untuk mengendalikan tantangan yang dihadapi para fresh graduate adalah bagaimana menjadi seorang calon tenaga kerja terampil yang siap terjun dan sesuai kualifikasi yang diharapkan perusahaan dimana nanti para fres graduate bekerja, seperti melakukan kegiatan yang mengarah kepada kesuksesan. Misalnya sering mengikuti seminar tentang dunia kerja, mengikuti acara job fair dan lain-lain.

Menurut prediksi saya, apabila seorang fresh gradute mampu menyusun rencana dan target serta mengaplikasikan apa yang sudah dilakukan seperti mengup grade kemampuan dan skill serta belajar dari orang lain yang lebih sukses maka bukan hal yang tidak mungkin bahwa fress graduate tersebut akan dicari-cari oleh banyak perusahaan besar yang menawarkan gaji dan masa depan yang baik.


Daftar Pustaka

Sobur, A.( 2003). Psikologi umum dalam lintasan sejarah. Bandung. PUSTAKA SETIA

 

0 comments:

Post a Comment