29.10.15

Seleksi Kerja Karyawan

Nunuk Priyati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Seleksi kerja menjadi salah satu proses yang harus dilaksanakan bagi seorang pencari pekerjaan. Seleksi kerja ini yang nantinya akan menentukkan diterima atu tidaknya seorang pelamar pekerjaan menjadi seorang pekerja disuatu instansi, sehingga seleksi kerja ini menjadi suatu yang menantang bagi beberapa individu.

            Salah satu seleksi yang masuk kedalam seleksi kerja ialah seleksi interview. Seoarang teman saya, sebut saja namanya putra, mengaku kesulitan dalam seleksi interview ini, saat saya tanyakan pokok permasalahannya dia hanya beralasan bahwa seleksi interview hanya dapat diukur oleh pewawancara, tetapi tidak dapat diukur oleh yang diwawancarai.

            Berdasarkan ilustrasi diatas, saya menarik kesimpulan bahwa putra adalah seorang yang pesimis. Saya menyarankan agar putra selalu berpikir positif dan menjawab pertanyaan interviewer dengan sebaik – baiknya. Adapun tips wawancara yaitu: percaya diri, tidak grusa grus, rileks, banyak latihan bicara dengan orang lain, jika tidak mampu menatap mata interviwer maka hendaknya menatap bagian wajah lain seperti dahi.

0 comments:

Post a Comment