30.10.15

Rino Cari Air di Sumur Tetangga



Rino Cari Air di Sumur Tetangga
Aldy febrianto
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

            Pembangunan jalur jalan lintas selatan (JJLS) di wilayah Dusun Cekel, desa jetis, saptosari hingga desa girisekar panggang berdampak terhadap distribusi air bersih bagi warga. Pembangunan tersebut menyebabkan pipa utama milik PDAM terputus sehingga ribuan kepala keluarga terancam krisis air bersih.
            Salah seorang warga dusun panggang III, desa giriharjo, rino caroko, menjelaskan pelebaran jalan di wilayah dusun cekel menyebabkan terputusnya pipa induk milik PDAM. Akibatnya pasokan air bersih bagi warga di wilayah panggang menjadi terganggu sejak pekan terakhir.
            “Pembangunan yang mematikan warga. Air tidak mengalir akibat pembangunan JJLS memutus jaringan pipa air kami,” katanya, selasa (19/5).
            Rino mengakui, pembangunan JJLS memang cukup penting karena nantinya akan berdampak terhadap perekonomian warga. Keberadaan JJLS akan membuka wilayah dipesisir selatan sehingga masyarakat lebih sejahtera.
            Di hubungin terpisah oleh wartawan, direktur teknik PDAM tirta handayani gunungkidul, pratomo hadi, mengakui jika JJLS berdampak terhadap pasokan air bersih kepada warga di wilayah panggang dan saptosari. Setidaknya ada 900 sambungan ke rumah tangga yang terganggu. Untuk meminimalisir dampak bagi warga, pihaknya mengalihkan jalur distribusi.
            Pratomo yakin, permasalahan distribusi air bagi warga di wilayah panggang dan saptosari dapat diselesaikan dalam waktu dua pekan ke depan. “Kami sudah sosialisasikan kepada warga mengenai pemutusan tersebut. Awalnya kita prediksi pemutusan berlangsung 1-2 bulan. Tapi melihat perkembangan, 1-2 minggu ke depan akan bisa selesai,” ungkapnya.

Daftar Pustaka : Tribun Jogja, 25 mei 2015

0 comments:

Post a Comment