13.10.15

Ringkasan Artikel: SELURUH DESA TANAM MANGGIS


Terbitan Koran Kedaulatan Rakyat tanggal 6 April 2015
Naurmi Rojab Destiya (034)
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


WONOSOBO (KR) – Seluruh desa/kelurahan se-Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo diwajibkan menanam pohon manggis, Minggu (5/4).
Camat Kalikajar Agus Fajar Wibowo, mengatakan, untuk menghasilkan buah manggis yang berkualitas, pihaknya mendatangkan bibit pohon manggis dari Banyumas, menggunakan anggaran alokasi dana desa (ADD). Sedangkan untuk pemeliharaan dan perawatan pohon, nantinya akan diserahkan ke masing-masing desa/kelurahan. Tentunya didukung seluruh warga masyarakat setempat.
            Menurutnya, dipilihnya manggis, selain bernilai ekonomis tinggi dan banyak manfaat, juga bisa menjadi tanaman anyoman. Pohon manggis termasuk pohon yang besar dan rimbun, serta bisa menjadi penopang tanah yang kuat. Belum lagi manfaat lain, seperti buah dan kulit buahnya pun sangat berguna bagi kesehatan, terutama sebagai obat herbal yang sangat dibutuhkan.

Untuk itu, lanjutnya, pihaknya mengajak kepada semua warga masyarakat agar bisa membudidayakan buah manggis sehingga ke depannya buah manggis benar-benar menjadi produk unggulan yang bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Terutama manfaat bagi peningkat ekonomi dan kesehatan masyarakat di wilayah Kecamatan Kalikajar, serta masyarakat Kabupaten Wonosobo pada umumnya.

0 comments:

Post a Comment