5.10.15

Ringkasan Artikel : Panglima Laskar Krukut


Panglima Laskar Krukut

R Joko Prambudiyono
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


            Krukut merupakan salah satu sungai yang terdapat di Jagakarsa Cipedak, Kecematan Jagakarsa, Jakarta.
            Ada apa dengan sungai krukut sehingga masuk ke koran harian kompas? Sungai krukut masuk ke koran harian kompas 28 Februaru 2015 karena sungai ini salah satu penyebab pemicu banjir di Jakarta.
            Mengapa sungai krukut menjadi salah satu penyebab pemicu banjir? Karena dipinggiran sungai krukut terdapat bagunan-bangunan yang kumuh dan juga kurangnya kesadaran orang yang membuang sampah kesungai krukut. Jadi hal inilah salah satu pemicu banjir di Jakarta. Akan tetapi ada beberapa kelompok masyarakat yang mulai sadar akan dampak pembuangan sampah kesungai. Ada salah satu kelompok yang dinamakan Laskar Krukut.
            Apa tugas dari pembentukan Laskar Krukut ini dan siapakah penggagas berdirinya Laskar Krukut ini? Tugas laskar krukut ini adalah mereka senantiasa membersihkan sungai krukut dari sampah-sampah yang saking mengerikannya sampah tersebut bisa menumpuk sampai 3 meter dan orang bisa berdiri di atas sampah tersebut. salah satu pendiri atau penggagas berdirinya Laskar Krukut ini adalah Rezza Shidqi, dengan bersama teman-teman lainnya dan hanya dengan merogoh kocek sendiri untuk membersihkan sampah. Laskar ini mengangkut samaph hanya dengan menggunakan kaos oblong, sandal dan celanan pendek, mereka menceburkan diri.
            Resiko apa saja yang mereka alami? Resiko yang mereka alami tak jarang luka pada telapak kaki, dengkul dan tulang kering mereka alami. Biasanya karena disebabkan oleh pecahan cangakng keong, paku, beling dan potongan kayu yang bertebaran. Bahkan beberapa relawan pernah kejatuhan ular berbisa, akan tetapi belum pernah ada yang kepatuk ular.
            Kendalan yang bagaiman yang sering dialami laskar ini? Kendalanya adalah terkadang sejumlah orang tua melarang anaknya ikut membersihkan kali krukut, dengan alsan ngapain kayak gembel. Berarti tingkat kesadaran sebagian warga masih rendah. Pada awalnya laskar krukut ini hanya lima orang yang berpartisipasi. Tapi kini sudah bertambah menjadi 30-40 dalam satu aktivitas.
            Berapakan idealnya suatu sungai dari pendangkalan? Idealnya harus 3 meter dan laskar ini harus mengeruk sungai dengan kedalam 3 meter agar sungai tersbut dinyatakan ideal. Tak jarang juga dalam pembersihan ini laskar krukut menemukan bekas pempres, sofa, hingga kasur berpegas. Sampai-sampai relawan pernah menemukan mayat yang hayut yaitu pada tahun 2008 dan 2011. Pada awalnya relawan bergerak atas nama Karang Taruna Sasana Krida mereka hanya diberi bangunan kumuh untuk berkegiatan.
           
Meskipun demikian sekarang sudah mulai banyak organisasi-oragnisasi yang sudah ikut bergabung antara lain pemadam kebakaran kecematan Jagakarsa, pelajar SMA, serta para pecinta alam. Menurut laskar krukut diilingkungannya mereka dibutuhkan, buat apa jauh-jauh kegunung kalau hanya naik gunung tetapi enggak membersihkan lingkungan, itu hanya menikmati alam bukan pecinta alam.
            Relawan krukut ini juga memanfaatkan lingkungan untuk menghasilkan pendapatan, misalnya di daur ulang lalu dijual. Tugas laskar krukut bukan hanya memebersihkan sampah saja melainkan juga melakukan kegiatan reboisasi di bantaran-bantaran sungai tersebut misalkan bantaran sungai ditanami bambu, sawo, mangga, avokad dan kecapai. Gunanya untuk menahan kalau ada pengingikisan tanah dan keuntunganya bisa memanen hasil tanaman tersebut.

Sumber :
Radius B D, 2015. Panglima Laskar Krukut. Kompas.  28 Februari 2015. Hal 16

0 comments:

Post a Comment