19.10.15

RINGKASAN ARTIKEL: MELESTARIKAN ANGGREK MERAPI


Muji Pambudi
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

 

by Muji PambudiDilereng gunung Merapi terdapat banyak jenis anggrek dan berdasarkan riset ada 95 jenis anggrek yang saat ini tumbuh di lereng Gunung Merapi. Contohnya adalah anggrek Rhomboda velutina pernah ditemukan di kawasan gunung Ungaran Jawa Tengah 1921. Ada pula anggrek Zeuxine petakensis yang hanya ditemukan di Kalimantan dan masih banyak jenis jenis anggrek yang lainnya lagi.

Tetapi saat ini kelestarian tanaman anggrek yang  tumbuh di lereng GUnung Merapi  itu terancam oleh sejumlah sebab. Ancaman terbesar tentu saja letusan Gunung Merapi yang terjadi secara periodic, setiap kali Merapi erupsi maka sebagian kawasan hutan dikaki gunung tersebut rusak dan banyak tanaman mati. Ancaman yang lainnnya adalah pengambilan tanaman anggrek idihutan untuk dijual.
Lalu apa saja yang di lakukan masyarakat yang  tinggal disekitar  lereng Merapi dan pemerhati tanaman anggrek untuk menjaga kelestarian anggrek tersebut ?   
Warga dusun Turgo didukung oleh yayasan Kanopi Indonesia dan Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) melakukan konservasi untuk melestarikan anggrek Merapi. Mereka menempel anggrek-anggrek di sejumlah batang pohon. Selaina itu sejak tahun 2000 juga dibudidayakan dan merawat naggrek di luar kawasan hutan yang dianggap aman dari ancaman merapi. Untuk melibatkan masyarakat lain, maka mereka juga membuat program Adopsi Anggrek Merapi yaitu mengajak donator, baik individu maupun lembaga untuk mengadospi anggrek merapi dengan menyumbangkan dana melalui paket adopsi yaitu paket platinum, paket gold dan paket silver dimana masing-masing paket akan mengadopsi jenis anggrek yang berbeda. Sehingga di harapkan dengan cara ini semakin banyak jenis  anggrek yang bisa di selamatkan.
Sebagai mahasiswa dan warga masyarakat yang tinggal di Yogyakarta, tentu progam-program ini sangat kita dukung, karena jika tidak dilestarikan maka anak cucu keturunan kita bisa tidak saja tidak bisa melihat dan mengetahui jenis-jenis anggrek Merapi padahal Merapi adalah “gudangnya” anggrek. Anda bbisa menyokong keberadaan anggrek –anggrek ini dengan cara mengadopsi seperti diatas atau sebagai mahasiswa bisa mendukung dengan menginformasikan program-program ini kepada masyarakat dan juga berbagi pengetahuan dengan mahasiswa pecinta alam untuk menjaga keberadaan anggrek-anggrek tersebut di alam Merapi, Sehingga kelestariannya tetap terjaga.
Artikel ini memberi inspirasi bahwa kekayaan flora hutan seperti anggrek  adalah warisan untuk anak cucu kita. Bila kita sekarang tidak mempedulikan keberadaan anggrek tersebut, maka anak cucu kita kelak mungkin tidak akan pernah tahu ada banyak jenis anggrek yang sangat indah yang pernah tumbuh di lereng Gunung Merapi.

 

Sumber tulisan:

 
Kompas (2015). Melestarikan Anggrek Merapi. 29 April.

0 comments:

Post a Comment