5.10.15

Ringkasan Artikel : KALPATARU JANGAN SEBATAS RUTINITAS


KALPATARU JANGAN SEBATAS RUTINITAS

R Joko Prambudiyono / 13.1032
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
                                                                                     
Apa itu kalpataru?. Kalpataru adalah sebuah penghargaan kepada orang/kelompok masyarakat yang berupaya menyelamatkan lingkungan. Selain kalpataru ada juga penghargaan lain yang diberikan yaitu ada adipura dan adiwiyata. Adipura itu apa?. Adipura adalah penghargaan yang diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten yang memperhatikan kebersihan lingkungan, dan adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan bagi sekolah berbudaya lingkungan.
Bagaimana sistem pemberian penghargan pemeliharan lingkungan itu diberikan kepada suatu daerah?. Penghargaan pemeliharaan lingkungan itu diberikan kepada suatu daerah jika daerah tersebut mampu menjaga lingkungan hidup beberapa tahun berturut-turut, atau pencapaian perbaikan lingkungan hidup yang terintegritas dengan sistem setempat, sekolah, atau apa pun, bahkan terintegritas dengan budaya hidup sehari-hari. Menurut meteri lingkungan hidup waktu itu Balthasar Kambuaya mengatakan lingkungan hidup adalah bagaian pelayanan hidup. Maka oleh sebab itu setiap pemerintahan daerah harus memastikan air, makanan yang dikonsumsi dan udara yang dihirup setiap hari itu layak. Semua pihak harus ikut serta bertanggunga jawab terhadap pembangunan berkelanjutan, jangan hanya bicara pembangunan tanpa bicara lingkungan.


Pada kota manakah yang sudah sering menerima penghargaan adipura hingga tiga kali berturut-turut? Dan jawabannya adalah di Kota Surabaya, karena nilai yang diperoleh melebihi kota-kota yang lain dan atas dasar tersebut Kota Surabaya dipertimbangkan menjadi kota Pembina Adipura.
Tujuannya apa sih pemberian penghargaan Adipura ini? Tujuannya ialah mendorong daerah-daerah agar bersama-sama berinovasi mengelola lingkungan. Selain di Kota Surabaya ada kota-kota lain yang mendapat penghargaan ini yaitu Kota Tangerang, Kota Palembang, Kota Magelang, Kota Malang, Kota Pati, Kota Kendari, Kota Martapura, Kota Balikpapan, dan Kota Porbolinggo.
Mengapa Kota Surabaya unggul dalam mendapatkan penghargaan adipura? Karena partisipasi warga dan kemandirian kota mengelola lingkungan, seperti munculnya kampung hijau dan bank sampah. Keunggulan lain yaitu pengelolaan taman-taman kota yang tak hanya enak dilihat, tetapi juga dapat diakses warga.   

Sumber :
Koran Kompas. 6 Juni 2014. Hal.13

0 comments:

Post a Comment