9.10.15

RINGKASAN ARTIKEL: DAMPAK ERUPSI MELUAS


Muji Pambudi

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 
       Gunung Sinabung di Sumatera Utara beberapa kali mengalami erupsi, terakhir terjadinya erupsi menimbulkan  dampak  kerusakan yang cukup parah dan meluas  bagi fasilitas warga yang tinggal di sekitar Gunung Sinabung,  belasan rumah terbakar serta sejumlah ruas jalan dan jembatan terputus, termasuk sejumlah ruas jalan juga mengalami kerusakan walaupun tidak ada korban jiwa dalam erupsi Gunung Sinabung kali ini. Dan dari waktu ke waktu dampak erupsi sinabung semakin parah demikian pendapat warga di sekitar Gunung Sinabung yang terdampak oleh erupsi tersebut.

        Mengapa Dampak Erupsi Gunung Sibanung bisa meluas ? menurut pendapat  Ketua Pos  Pengamatan Gunung Sinabung  Armen Putra mengatakan bahwa dampak bisa terasa  lebih luas karena banyak hutan dilereng Gunung yang sudah gundul. Gundulnya lereng hutan bisa di sebabkan oleh karena kurangnya penanaman kembali pohon yang telah di tebang, sehingga tidak  ada pengganti untuk pohon yang telah di tebang. Sehingga pada akhirnya saat erupsi material dari Gunung Sinabung yang terbawa erupsi seperti awan panas tidak ada yang menghadang lagi dan menyebar ke kawasan yang lebih luas.
       
Bagaimanakah dampak erupsi yang meluas bagi warga sekitar  ?  Menurut  tokoh adat Desa Gurukinayan, Setia Mulia Sembiring, dampak erupsi yang meluas mencapai kawasan tengah desa menyebabkan banyak warga kehilangan asset yang diwariskan leluhurnya. Setidaknya ada 32 keluarga atau sekitar 130 jiwa yang menempati rumah adat dan 10 keluarga atau sekitar 40 jiwa yang memiliki rumah lain. Selain hal ersebut diatas, warga juga megalami kesulitan air bersih 
         Pemerintah melalui Komandan Kodim Tanah Karo Letnan Kolonel Asep Sukarna meningkatkan kembali pengawasan dan pengamanan di zona merah dan menutup akses warga yang mencoba kembali kekebunnya untuk mencegah terjadinya korban jiwa akibat erupsi tersebut.
           Apa sumbangan artikel tersebut untuk psikologi lingkungan ? ini mengingatkan kita kembali untuk berbagi pengetahuan mengenai  bahaya bahaya yang ada disekitar gunung berapi kepada masyarakat dan mengingatkan untuk kembali melakukan penanaman bibit pohon yang habis ditebang. Hal ini tentu tidak mudah, tetapi demi masa depan dan keselamatan warga di sekitar gunung berapi hal ini harus dilakukan

 

Sumber tulisan:

 

Kompas (2015). Dampak Erupsi Meluas, 30 April..

 

0 comments:

Post a Comment