29.10.15

Penilaian Kerja Karyawan yang Adil

Nunuk Priyati

Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
                                                            

            Penilaian kerja karyawan sangatlah penting bagi suatu perusahaan karena dengan adanya penilaian kerja karyawan suatu perusahaan dapat melihat kualitas kerja karyawannya. Kualitas ini dapat dinilai dari segi kedisiplinan, kecakapan kerja hingga prestasi kerja karyawan. Karyawan yang masuk kedalam nominasi terbaik akan mendapatkan reward atau hadiah sebagai penghargaan. Dengan adanya reward ini perusahaan berharap, karyawan yang belum masuk nominasi akan termotivasi dan berusaha menjadi yang terbaik kedepannya.

            Adapun penilaian kerja karyawan yang dianggap tidak adil justru akan menimbulkan permasalahan dalam suatu perusahaan. Hal ini terjadi di perusahaan Ay (bukan nama sebenarnya) bekerja. Dimana kondisi karyawan yang keluar masuk perusahaan yang terlalu sering (adanya pergantian karyawan karena mengundurkan diri) yang mengakibatkan kekacauan dalam perusahaan. Dengan adanya hal ini perusahaan mengadakan penilaian penilaian kerja karyawan hanya untuk karyawan kontrak saja agar mereka betah  bekerja diperusahaan itu dengan adanya reward. Tapi untuk karyawan kontrak tidak diikutkan kedalam penilaian kerja klaryawan sehingga mereka merasa bahwa adanya ketidakadilan.
            Saya memberikan prediksi jika hal ini terjadi terus-menerus maka karyawan kontrak akan menjadi lebih malas karena sebagian mereka berpikir bahwa sedisiplin apapun mereka, berprestasi seperti apapun mereka, mereka tidak akan mendapat reward.

            Saya memberikan solusi agar Ay membicarakan dengan HRD agar melakukan musyawarah untuk mengikutsertakan karyawan sehingga tidak terjadi kecemburuan.

0 comments:

Post a Comment