16.10.15

Pembangunan Fondasi Karakter Untuk Bekal Masa Depan


Tri Jumiati

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta





Membangun artinya memperbaiki, membina, dan mendirikan. sedangkan Karakter adalah tabiat, watak, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Jadi, Pembangunan Karakter atau yang sering disebut sebagai Membangun Karakter (Character Building) adalah suatu proses atau usaha yang yang dilakukan untuk membina, memperbaiki, dan atau membentuk tabiat, watak, sifat kejiwaan, akhlak (budi pekerti), insan manusia (masyarakat) sehingga menunjukkan perangai dan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai – nilai pancasila seperti kejuangan, semangat, gotongroyong atau kebersamaan, kepedulian atau solider, sopan santun, persatuan dan kesatuan, kekeluargaan, dan tanggungjawab.
 Salah satu solusi yang dapat membangun karakter adalah pendidikan, untuk itu dalam rangka membangun karakter suatu bangsa salah satunya adalah melalui pendidikan karakter. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan. 

Tujuan pembangunan karakter adalah untuk mengembangkan karakter bangsa agar mampu mewujudkan nilai-nilai luhur pancasila, dan juga berfungsi untuk mengembangkan potensi dasar agar berbaik hati, memperbaiki perilaku yang kurang baik dan menguatkan perilaku yang sudah baik. Karakter manusia juga  merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam rangka mewujudkan cita-cita dan perjuangan berbangsa dan bernegara guna mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. 

Sumber : Ipeka. (2015). Pembangunan Fondasi Karakter Untuk Bekal Masa Depan. Kompas. 29 September, halaman 16.

0 comments:

Post a Comment