MIMBAR
AKADEMIK PSIKOLOGI :
MELIHAT
KARAKTER KEPEMIMPINAN BERDASARKAN KEPRIBADIAN
TRI
WELAS ASIH & MURJIWANTORO
Fakultas
Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta
A. Materi
Pemimpin adalah
seseorang yang menggunakan kemapuannya, sikapnya, nalurinya, dan ciri-ciri
kepribadiannya untuk mampu menciptakan suatu keadaan, sehingga orang lain yang
dipimpinya dapat saling bekerja sama untuk menciptakan tujuan. Semua tipe kepribadian berpotensi menjadi seorang
pemimpin.Namun tidak semua orang dipanggil pemimpin.Jadi,langkah pertama
menjadi seorang pemimpin adalah menjadi diri sendiri dan mengenal kepribadian
serta potensi diri sendiri.Tipe Kepribadian Dasar Manusia Menurut Florence
litauer dalam bukunya Personality Plus mengatakah bahwa kepribadian dasar manusia terbagi menjadi 4 yaitu :
1. Koleris
2. Sanguinis
3. Flegmatis
4. Melankolis
Tipe Kepemimpinan
Berdasarkan Kepribadian
1.
Kepemimpinan paternalistik
2.
Kepemimpinan
Otokratis
3.
Kepemimpinan
Laissez Faire
4.
Kepemimpinan
Demokratis
B.
Pelaksaan
Kegiatan mimbar akademik
psikologi ini diadakan pada :
Hari /tanggal : Selasa /22 September
2015
Jam : pukul 18.30-20.30 WIB
Tempat : Ruang Warek lantai 2
Peserta yang hadir : 30 peserta
C.
Game
1)
Kokologi game
a)
Tujuan : Mengetahui
karakter dan tingkah laku seseorang serta menganalisis psikis seseorang.
b)
Peralatan :Lembar tes
kokologi,alat tulis
c)
Jumlah peserta : 28 peserta
d)
Waktu : 15 menit
e)
Instruksi :
·
Dalam waktu 15 menit peserta harus menjawab semua pertanyaan yg tertulis
di lembar tes kokologi
· Setelah semua soal terjawab kemudian akan dicocokkan dengan jawaban yg
akan menunjukkan karakter dan kepribadian peserta tersebut.
f)
Diskusi &refleksi :
Setelah permainan para peserta mengetahui tentang karakter dan kepribadian yang
dominan yang ada pada dirinya sendiri.
2)
Candle light game
a)
Tujuan : Melatih
sikap tenang yang merupakan bagian dari kriteria seorang pemimpin
b)
Peralatan : 10 batang
lilin dan 1 batang korek api
c)
Jumlah peserta : 3 kelompok
masing-masing 10 orang
d)
Waktu : 10 menit
e)
Instruksi
· Satu orang dalam kelompok ditunjuk sebagai pemimpin diberikan 1 batang
korek api dan yang lain diberikan lilin
·
Pemimpin tersebut harus menyalakan semua lilin dengan 1 batang korek api
tersebut.Lilin yang sudah menyala tidak boleh untuk menyalakan lilin yang lain.
·
Jika bisa nyala lilin paling banyak hanya dengan 1 batang korek api,maka
kelompok tersebut menjadi pemenang.
f) Diskusi & refleksi : Dalam
permainan ini semua peserta mempunyai kesempaan yang sama tetapi hasilnya
berbeda. Ketenangan peserta mencerminkan kematangan dan pengalaman orang tersebut.Dan salah satu
karakter dari seorang pemimpin adalah mempunyai ketenangan serta kematangaan yang
bagus.
D.
Daftar pustaka
@PsikologiID.2014.Who Am I
?.Jakarta : PT Tangga Pustaka
0 komentar:
Posting Komentar