29.10.15

Ringkasan Artikel: Menyebarkan Virus Kepedulian dengan Bersepeda



Oleh: Nunuk Priyati
Faklutas: Psikologi
Universitas: Proklamasi 45
Yogyakarta

Sekarang ini, masih banyak masyarakat yang kurang peduli pada lingkungan. Oleh sebab itu, komunitas komunitas sepeda HUB yang berkepanjangan hibah untuk berkelanjutan—pesepeda yang telah berjalan selama dua tahun ini memperlebar visinya dengan lebih perhatian pada lingkungan yang dilalui. Seperti soal sampah, masyarakat proletar yang membeli sepeda saja tidak mampu dan beragam kepedulian lainnya.

            Solusi yang dilakukan dalam menyebarkan virus kepedulian ialah dengan bekerjasama dengan pihak tertentu untuk mengumpulkan sepeda bekas yang kemudian diperbaiki untuk dihibahkan pada masyarakat yang membutuhkan. Ketika bersepeda, komunitas ini mendata siapa yang membutuhkan bantuan. Misalnya, tukang somay keliling. Adapun kepedulian lain yaitu dengan menggelar pasar terbuka yang dinamai ijolan sampah. Masyarakat dapat mendapatkan barang tertentu dengan menukarkan sampah. Dengan demikian komunitas sepeda ini cepat terkenal dengan kepeduliannya.
            Hubungan artikel ini dengan Psikologi lingkungan ialah pentingnya kepedulian kita pada lingkungan sekitar. Dan perlunya penyebaran virus kepedulian pada masyarakat agar semakin banyak yang peduli pada lingkungan.
Sumber:

Satmoko. (2014). Peduli Lingkungan dan Masyarakat: Minggu Pagi III September 2014

0 comments:

Post a Comment