23.10.15

MENILIK KESEHATAN MENTAL PRIBADI BERDASARKAN FROMM

   Sebagai individu, mungkin dari beberapa kita pernah mendengar mengenai orang yang disebut sehat secara mental tidak hanya secara fisik. Nah dalam kesempatan ini saya ingin berbagi makna mengenai “saya orang yang sehat secara mental” yang saya ambil dari pengalaman pribadi dan juga  kehidupan karir saya. Menurut Fromm (Hidayat & Herdi, 2013) mengungkapkan bahwa orang yang sehat secara mental akan berhubungan

dengan dunia melalui “cinta”. Cinta dapat memuaskan kebutuhan akan keamanan,juga menimbulkan perasaan integritas dan individualis. Fromm tidak mendefinikan cinta itu hanya semata mata dalam pengertian erotis, tetapi definisi itu meliputi cinta orang tua terhadap anak, cinta kepada diri sendiri, dan dalam pengertian yang lebih luas, seperti solidaritas dengan semua orang dan mencintai mereka .Contoh yang bisa di ambil misalnya: saya mampu memberi deskripsi bahwa saya adalah seseorang yang mencintai keluarga dengan selalu menyempatkan waktu untuk bercengkerama dengan mereka.  Berikut hasil analisis pribadi saya mengenai saya orang yang sehat secara mental di:

 
I. Kehidupan pribadi (3 peristiwa):
   a.Saya sangat mencintai anak dan istri sehingga saya selalu meluangkan waktu untuk     
       bercengkerama dengan mereka.
   b.Saya selalu menghargai dan menghormati pendapat orang lain tentang suatu hal .
   c.Saya sangat mencintai diri saya sendiri dengan selalu menjaga kesehatan dan pola makan sehari
      hari.
         Berdasarkan contoh di atas, saya mengatakan bahwa mental saya sehat dalam kehidupan pribadi saya dilaterbelakangi oleh saya bersedia untuk mencintai dan menghargai diri sendiri, keluarga dan orang lain dengan tulus tanpa ada keinginan untuk “menguasai”.
II.   Kehidupan pekerjaan (karir) (3 peristiwa):
     a.Saya bersedia untuk bekerja secara giat dan rajin karena saya mencintai pekerjaan  
        saya.
     b.Saya selalu menjalin komunikasi yang positif dan menghargai  rekan sekerja,
         karena mereka sebagai partner dalam menyelesaikan suatu pekerjaan
    c.Saya bersedia untuk mendengarkan dan berempati dengan rekan2 yang
       mendapatkan masalah di dalam pekerjaan maupun hungungan dengan atasan.
Berdasarkan ilustari tersebut diatas maka saya mengatakan bahwa mental saya sehat dalam kehidupan pekerjaan (karir) dilatarbelakangi oleh  kecintaan saya terhadap pekerjaan saya dan juga rasa solidaritas dengan semua orang dan mencintai mereka sebagai rekan sekerja.

         Mengutip pendapat Fromm bahwa orang yang sehat mempunyai kemampuan untuk berhubungan dengan mencintai mereka dan rasa solidaritas terhadap semua orang.

 

 

0 comments:

Post a Comment