10.10.15

MENGAPLIKASIKAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KONDISI INDONESIA MASA KINI

Antoni Firdaus
Fakiltas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Mengaplikasikan nilai-nilai pancasila bukanlah hal yang mudah apalagi dalam kondisi Indonesia masa kini. Didalam keseharian, kita tidak pernah lepas dari kesalahan-kesalahan yang terjadi tanpa ada lagi rasa yang membuat seseorang itu merasa bersalah dalam melakukannya. Semua terjadi karena tidak adanya pemikiran yang membuat manusia patuh akan aturan, yang dimana aturan-aturan tersebut sudah bisa dipahami seseorang dengan mengamalkan pancasila. Seseorang dalam bermasyarakat yang sepenuhnya bisa mengamalkan pancasila bisa dikatakan sebagai orang yang sempurna dan taat akan nilai-nilai kebersamaan, solidaritas, dan toleransi antar sesama masyarakat itu. Maka dari itu setiap masyarakat harus bisa dituntut untuk mengerti dan faham secara lahir batin apa itu pancasila, bagaimana cara faham dan bagaimana cara menerapkannya. Pancasila sepenuhnya bisa kita katakan sebagai titik pemikiran atau landasan kita sebagai warga negara indonesia. Yang bisa dijadikan paham bermasyarakat. Masyarakat sepenuhnya akan merasa nyaman bila sepenuhnya pancaasila itu berjalan.tapi yang masih dijadikan permasalahan, kenapa semakin tua usia negara indonesia, semakin hilang pula makna-makna apa itu pancasila ?
Mungkin itu semua sepenuhnya sudah dilupakan masyarakat yang merasa masa bodoh akan keadaan sekarang, Ataukah system pemerintahan yang membuat masyarakat ini bencikepada negaranya dan membuat mereka semua itu tidak mau menuruti negara. Jika semua hal itu dikatakan benar faktanya, maka bangsa indonesia ini sudah sepenuhnya tidak memiliki moral yang sesuai dengan isi pancasila. Yang dimana pancasila itu merupakan sebuah landasan setiap perbuatan warga negara. Pemahaman pancasila harus dimiliki agar sesuai dengan bentuk negara.

Setiap hal yang terjadi bisa kita nilai dengan keadaannyabegitu pula keadaan atau gambaran masyarakat yang tidak melakukan atau menerapkan apa itu pancasila. Pancasila adalah sebuah hal yang sepeenuhnya harus bisa kita terapkan soalnya pancasila inilah yang membuat seseorang itu menjadi baik dalam berprilaku, jika seseorang sudah berprilaku baik kepada sesama,maka karakter negara sudah bisa dibentuk.
Keterpurukan bangsa, kejelekan bangsa, baik buruknya suatu bangsa bisa kita lihat dari masyarakatnya itu sendiri, apakah masyarakat itu bisa menerapkan norma yang ada atau kah malah sebaliknya, mereka mengabaikan hal itu. Suatu bangsa akan hancur bahkan sangat-sangat hancur bila pancasila tidak bisa diterapkan, contohnya banyak konflik antar etnis yang terjadi. Itu semua tidak sesuai dengan sila persatuan indonesia yang dimana sila itu memiliki makna kesatuan bangasa indonesia. Meskipun berbeda-beda kulit, agama, suku, dan karakter.tapi kita semua tetap satu yaitu bangsa dan tumpah darah indonesia. Pancasila ini adalah sebuah pemikiran bangsa indonesia harus diditerapkan. Pancasila ini berawal dan tercipta sudah cukup lama. Itu semua awal mulanya terbentuk pancasila bersal dari watak dan nilai nilai khas warga Indonesia, nilai-nilai itu merupakan sebuah hasil pikiran-pikiran dan gagasan-gagasan bangsa indonesia tentang kehidupan yang dianggap baik.mereka menciptakan tata nilai yang mengandung tata kehidupan sosial dan tata kehidupan kerohanian bangsa yang memberi corak, watak dan ciri masyarakat dan bangsa indonesia membedakannya dengan masyarakat atau bangsa lain. Kenyataan demikian ini merupakan suatu kenyataan objectif yang merupakan jati diri bangsa indonesia
Dengan kata lain, untuk terciptannya kehidupan yang sesuai dengan watak warga negara indonesia, masyarakat harus memahami prinsip dasar pancasila sebagai jati diri bangsa indonesia. Menjadikan setiap manusia  untuk taat kepada pancasila atau peraturan sangatlah sulit. Itu semua, tidak bisa dirubah begitu saja. Sebab mereka sudah merasa masa bodoh. Itu semua biasanya dikarnakan sikap pemimpin mereka yang seharusnya menjadi panutan bagi mereka dan menjadikan contoh tauladan bagi mereka masih saja sering melakukan kesalahan-kesalahan dalam mengambil kebijakan dan mengambil keputusan. Semua ketidaktahuan masyarakat akan hukum dan arti pancasila itu semua dikarnakan sosok pemimpin yang tidak dan merasa masa bodoh akan aturan-aturan yang ada.satu-satunya cara menjadikan setiap insan untuk menerapkan pancasila yakni, pemimpin harus memberikan contoh dan tauladan yang baik bagi rakyatnya. Karena pemimpin yang baik sepenuhnya akan memberikan efek-efek yang positif pula pada masyarakatnya dan memotivasi masyarakat untuk berfikir dengan berlandasan
Peranan pemerintah sangatlah penting dalam penerapan pancasila pada masyarakat. Karena pemerintahlah satu-satunya orang yang harus menerapkan dan memberi contoh pada masyarakat yang tidak tahu apa itu pancasila. Maka dari itu pemerintah harus memberikan contoh-contoh dan sering memberikan pengetahuan apa itu pancasilsa .jika pemerintah telah melaksanakan hal itu dan memberika contoh-contoh yang baik pula bisa dipastikan sebagian masyarakat bisa mengerti apa itu pancasila.
Setiap orang harus dituntut untuk memahami tentang pancasila, dan setiap langkah rakyat untuk kebaikan harus sepenuhnya didukung oleh pemerintah demi tercapainya penerapan pancasila pada masa kini. Maka dari itu wujudkanlah rasa cinta tanah air, demi kemajuan negara kita, dengan memahami apa itu pancasila dan menerapkannya dengan sebaik-baik mungkin.

0 comments:

Post a Comment