3.10.15

Mempertajam Konsentrasi dalam Karier



R Joko Prambudiyono
Naurmi Rojab Destiya
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

A.    Penjelasan
Konsentrasi merupakan seni mengolah pikiran agar tetap fokus pada suatu hal yang penting dan menghindari hal-hal lain yang tidak tidak penting. Jadi konsentrasi ini termasuk dalam sebuah seni tetapi berguna untuk mengolah pikiran individu agar terpaku terhadap suatu tujuan yang akan ditempuh atau memusatkan pikiran guna mencapai goalnya atau tujuan akhirnya. Tentunya jika individu kurang konsentrasi atau kurang fokus maka akan banyak hal yang terjadi seperti menurunya kualitas produktivitas, lemahnya kontrol pikiran, menurunnya rasa percaya diri, terjadinya kecelakaan kerja.
B.     Untuk memahami konsentrasi dalam bekerja maka dapat dilihat pada film pendek yang nanti akan kami bawakan yang berjudul film konsentrasi.
C.     Selain film yang bisa Anda lihat juga ada game psikologi yang relevan dengan latihan konsentrasi ini yaitu berjudul Game Konsentrasi
D.    Langkah-langkahnya
1.      Senam Otak
1.1  Gerakan Memukul Kepala Dan Mengusap Perut
a.       Gerakkan telapak kanan menepuk-tepuk rambut / naik turun, bersamaan dengan itu gerakkan telapak tangan kiri berputar-putar dengan tetap menempel pada perut.
b.      Setelah beberapa saat rubahlah menjadi sebaliknya, telapak kiri yang menepuk-tepuk rambut dan telapak kanan yang berputar di perut.
c.       pergantian tugas kedua tangan tersebut supaya berjalan dengan tepat dan usahakan semakin cepat gerakannya.
1.2    Polisi Mengejar Penjahat
a.       Angkat jari telunjuk tangan kiri ke atas (jari telunjuk ini adalah penjahat) kemudian angkat tangan kanan ke atas membentuk sebuah pistol (sebagai polisi)
b.      Geser tangan kiri Anda ke sudut kiri dan diikuti tangan Anda seolah penjahat dikejar oleh polisi. Setelah dikejar sampai ke sisi kiri Anda lalu kembali ke kanan, tetapi di ubah tangan kanan Anda menjadi penjahat dan tangan kiri Anda menjadi polisi.
c.       Kemudia setelah sampai di sisi kanan Anda kembali lagi ke kiri tetap tambahkan 1 jari Anda seolah polisi mengejar dua penjahat
d.      Begitu seterusnya setelah sampai ke sisi kanan lagi tambah lagi hingga 4 penjahat dikejar satu polisi
e.       Lakukan perpindahan jari dan pistol ini dengan durasi yang cepat.
2.    Game Aku dan Kamu
a.       Dengarkan instruksinya pertama jika dengar kata “Aku” maka tirukan gerakan dan perkataaannya, jika bilang “Kamu” maka tirukan perkataannya saja. Ingat
b.      Sebelum memulai ke acara yang sebenarnya berikanlah contoh terlebih dahulu.
c.       Setelah dirasa cukup kemudia masuklah ke game yang sebenarnya. Jika hanya instruksi “Aku, Kamu” terlalu simple maka buatlah menjadi suatu cerita yang didalamnya dan kata “Aku, Kamu” agar peserta terkecok dengan instruksi Anda.
E.     Latihan Konsentrasi
·         Tujuan
1.      Guna melihat seberapa kuat konsentrasi yang kita miliki
2.      Melihat seberapa kuatkah daya ingat kita
3.      Guna melihat seberapa kuatkah penglihatan kita dan pendengaran
4.       Melihat kepercayaan diri kita
5.      Melihat sudahkah kita dapat mengontrol pikiran kita
·         Manfaat
1.      Meningkatkan produktivitas
2.      Skill mengontrol pikiran
3.      Meningkatkan percaya diri
4.      Meningkatkan daya ingat
5.      Meningkatkan fokus
·         Dampaknya
1.      Dampakny, menurunya kualitas produktivitas, lemahnya kontrol pikiran, menurunnya rasa percaya diri, trjd kecelakaan kerja.
2.      Apa ada hubny dgn Psi Inovasi?, jelasl ada hubungannya. Di dalam psi inovasi tentunya setiap org itu sllu berkembang, sllu berubah. Jika kita kurang konsentrasi maka perkembangan kita perubahan kita akan terganggu atau terhambat
3.      Ketika anda sedang meniti karir di kantor, jika anda ingin bekerja lebih baik maka anda harus konsentrasi terhadap pekerjaan yang sedang anda kerjakan di kantor. Konsentrasi ini tentunya akan membuat pekerjaan yang sedang anda kerjakan dapat dikerjakan dengan baik, nah hal itulah yang akan membuat kinerja anda menjadi lebih baik


·         Peralatan
1.      Leptop
2.      Daftar hadir
·         Jumlah Peserta : 20 orang
·         Waktu             : 2 jam
·         Indikasi                       :
1.      Peserta banyak yang salah dalam menjalankan instruksi yang diberikan
2.      Peserta terlihat bingung pada saat mengikuti senam otak

0 comments:

Post a Comment