20.10.15

Ringkasan Artikel : Keroyokan Garap Bocoran UN Bentuk Konformitas Siswa Yang Negatif



RINGKASAN ARTIKEL: SISWA KEROYOKAN GARAP BOCORAN UN
Chusnul Rizatul Unsha
Fakultas Psikologi Universitas Psikologi 45
Yogyakarta

Bocornya soal Ujian Nasional (UN) SMA pada Senin 13 April masih menyisakan cerita menarik dari Kabupaten Bantul. Sejumlah siswa SMA di wilayah ini rupanya sempat sibuk menggarap bocoran soal yang didapat dari internet.
Salah seorang siswa di Sewon menjelaskan ia dan puluhan teman-temannya sibuk mengerjakan bocoran soal mulai hari kedua. Sedangkan pada hari pertama ada salah satu temannya secara tidak sengaja mengunduh soal try out UN DKI Jakarta, tetapi justru sama persis dengan yang keluar di UN. Siswa mengaku tidak tahu secara pasti alamat link internet untuk mengunggah bocoran soal itu. Ia dan kebanyakan teman di sekolahnya mengkopi menggunakan flashdisk seorang siswa yang kebetulan menemukan link tersebut.
Bocoran soal itu juga terdapat lima paket soal yang selanjutnya dikerjakan secara bersama-sama hingga puluhan orang. Masing-masing siswa memiliki tugas nya sendiri-sendiri untuk memperikan retribusi jawabannya. Keunikan ini terjadi di seluruh SMA di Bantul. Hampir semua siswa lembur mengerjakan soal bocoran UN malam itu untuk menghadapi soal UN yang sebenarnya.
Kepala Seksi Kurikulum SMA Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal (Dikmenof) Bantul, Muhammad Ghazali tak memungkiri adanya kebocoran soal itu. Sehari sebelumnya juga ia memperoleh laporan dari seorang siswa. Meski awalnya tidak percaya dengan kebocoran soal UN di internet tersebut. Namun setelah melihat sendiri ternyata memang sama persis. Meskipun tidak secara gamblang membenarkan tetapi Ghazali mengakui jika pihaknya cukup sulit membendung siswa yang ingin mengunduh soal UN yang bocor di internet. Ia hanya menekankan dari sisi moral agar siswa tetap berlaku jujur saat UN.
Di Sleman, Bupati Sri Purnomo merencanakan UN Computer Based Test (CBT) dapat digelar di semua SMK di kabupaten setempat tahun depan. Ia mengatakan penyediaan fasilitas pembelajaran berbasis IT tidak dapat dihindari.
Apa sumbangan artikel tersebut terhadap psikologi umum? Artikel ini bisa menginspirasi pembaca bahwa motivasi itu muncul bisa darimana saja. Seperti di artikel bahwa bocoran soal yang meski hanya soal siswa mampu termotivasi untuk mengerjakan dan mendapatkan jawaban sempurna. Walaupun kenyataan ia harus mengingat-ingat kembali yang harus ia kerjakan semalam, dikarenakan pengawasan ketat saat prosesi pengerjaan UN berlangsung.
Sumber tulisan:
(say/tiq/ang) 2015. Siswa keroyokan garap bocoran UN. Tribun Jogja, hal 11 14 April

0 comments:

Post a Comment