27.10.15

Hobi dan Karateristik Pribadi



M. Melinda Rahail
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Hobi adalah kegiatan-kegiatan tertentu yang kita  senangi dan sering kita lakukan, dengan tujuan untuk memuaskan diri, menenangkan diri dari rasa bosan atau stres (karena kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari), sebagai sarana bernostalgia, mengeksplorasi dan mengekspresikan kemampuan diri atau bahkan untuk menyenangkan diri sendiri serta mengembangkan kemampuan di bidang-bidang tertentu (jangan salah loh, ada orang yang sukses hanya karena serius menekuni&memperdalam hobinya)

Hobi yang kita pilih merupakan refleksi dari karakteristik pribadi (personality).

Dr. David Keirsey (1921-2013), psikolog lulusan Claremont Graduate University yang berasal dari Oklahoma, membagi aspek psikologis personal (temperamen) manusia menjadi empat tipe yaitu Guardian, Artisan, Idealist dan Rational.
Konsep ini pertama kali diperkenalkan Keirsey melalui bukunya "Please Understand Me" yang dipublikasikan pada tahun 1978.

Pembagian ini tidak bersifat mengikat, karena setiap orang memiliki semua tipe ini, tetapi ada karakteristik tertentu yang menonjol dan menjadi ciri khas.


Berdasarkan konsep Keirsey tersebut, Ashley Schaeffer, kontributor eHow yang sedang mengambil program master psikologi di California Institute of Integral Studies, mengatakan bahwa kita bisa mengetahui tipe diri kita melalui hobi yang kita pilih, dan dapat bermanfaat dalam memilih karir yang sesuai dengan diri kita serta membantu untuk membina hubungan sosial yang baik.

Guardian
Orang yang memiliki tipe ini suka bekerja keras, bersifat praktis konvensional, konservatif, bertanggung jawab, dapat diandalkan, setia, percaya terhadap otoritas, menjaga tradisi, mencari keamanan.
Fotografi, melukis adalah beberapa contoh hobi tipe Guardian.


Artisan
Tipe ini memiliki jiwa seni yang menonjol dan kreatif. Tipe ini biasanya suka mendengar dan memainkan alat musik, melukis, mendesaian pakaian, memasak dan berkebun. Mereka menyenangkan, penuh kejutan, tidak suka diatur (lebih suka bebas), berani, optimis, realistis, fokus pada hal yang dihadapi, mencari pengalaman dan kesenangan.

Idealist
Tipe ini sangat senang untuk fokus pada peningkatan kualitas diri dan dunianya sendiri, hangat, spiritual, romantis, mencari kedalaman batin, bijak, inspiratif, mengembangkan  personal, visionaris, tekun menelaah makna kebenaran dan kehidupan. Tipe Idealist memiliki hobi membaca cerita misteri, psikologi dan keadilan sosial serta menulis dan memprediksi suatu peristiwa..

Rational
Tipe yang lebih mengutamakan logika daripada perasaan, objektif, skeptis, independen, mencari pengetahuan, mencari originalitas, sangat menyukai iptek. Hobi tipe ini biasanya senang mengutak-atik peralatan elektronik dan mekanik, bermain sudoku dan catur.

Sumber:

0 comments:

Post a Comment