30.10.15

Cinta Otentik


Cinta Otentik
Joko Prambudiyono
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
            Cinta adalah salah satu kebutuhan hidup yang sangat fundamental ( Widagdho, 2008). Tentunya setiap insan manusia membutuhkan cinta entah terhadap ayah,ibuk, kakak, teman, sahabat, dan pacar. Oleh sebab itu cinta merupakan kebutuhan yang sangat mendasar. Tanpa adanya cinta manusia tidak bisa menikmati indahnya hidup, tetapi jika terlalu banyak umbar cinta maka dapat terjebak pada cinta yang semu dan bukan otentik lagi.
            Ada seorang klien berinisial L, dia adalah seorang mahasiswa fakultas seni rupa di Universitas Seni di Yogyakarta. Pada awalnya L mengirim sms kepada saya bahwa dirumah atau tidak? Saya menjawab ada tetapi sore. Setelah sore hari tiba terdengar suara kendaraan bermotor berhenti di depan rumah dan mengetuk pintu seraya memanggil nama saya. Kemudian saya keluar dan benar itu dalam L,saya persilahkan masuk dan saya suruh duduk di ruang tamu. Setelah basa-basi kemudia L cerita bahwa dia sedang dikerjar-kejar cewek yang suka kepadanya sampai-sampai setiap hari ia d isms tanya kabar, dll. Bahkah di kampus pun si L ini selalu dicari-cari.
            Setelah cerita panjang kemudian L meminta solusi kepada saya, kalau menurut saya apa yang terjadi kepada mas L itu cinta yang tidak otentik, mengapa? Karena cinta yang otentik itu terjadi tanpa direkayasa tanpa dibuat-buat. Cinta timbul dari mata turun ke hati kemudian terjadi getaran di dalam hati dan dikontrol oleh logika yang logis(Gamgenora, 2014). Jadi saran saya untuk mas, cobalah mas hadapi dan berikan dia pengertian bahwa normalnya laki-laki yang suka sama cewek bukan cewek suka pada cwo. Beri juga pengertian tambahan bahwa saya tidak suka kamu, sebaiknya kita berteman tidak lebih. Sampaikan kata-kata tersebut dengan baik, begitu mas L, silahkan mencoba mas L.

Daftar Pustaka:
Gamgenora, F. 2014. Mengenal Cinta Palsu. Yogyakarta: Bajawa Press
Widagdho ,D. 2008. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Bumi Aksara
 

0 comments:

Post a Comment