20.9.15

"STRESS & DAMPAK PERUBAHAN SITUASI KERJA"

Kasus I
Artikel dengan Topik  : STRESS & DAMPAK PERUBAHAN SITUASI KERJA


Jati Pramono
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Kasus I : Pak Suryo, karyawan Bank (38 th) mempunyai 3 anak, anak ke 1 berusia 5 th, anak ke 2 berusia 3 th & anak ke 3 berusia 18 bulan dan seorang istri berusia 31 tahun, mempunyai problem stress dan dampak perubahan situasi kerja yang dirasakan saat ini. Pak Suryo saat ini sedang mengalami stress menengah karena beban kerja yang meningkat & masalah keluarga yang timbul saat ini. Masalah yang dihadapi sangat berpengaruh terhadap kondisi fisik dan mentalnya.


Beban kerja yang meningkat berasal dari tekanan atasan sehingga tidak fokus bekerja. Gaji yang tidak seimbang , kebutuhan meningkat terutama masalah pinjaman, yang bersangkutan mempunyai 2 pinjaman yaitu pinjaman kredit modal kerja & kredit konsumtif, kebutuhan anak semakin bertambah terutama biaya pendidikan, entertaint anak misalnya mainan, buku, kuliner, tas dan lain-lain. Yang bersangkutan berusa mencari penghasilan tambahan yaitu budidaya burung, istri usaha dagang (berjualan tempura/makanan anak-anak). Dengan hanya mengandalkan gaji per bulan 2,8 jt dan kerja sampingan terasa belum cukup. Perasaan jenuh sudah mulai muncul, yang bersangkutan berharap mendapat tambahan pemasukan 2,2 jt lagi sehingga total 5 jt yang diharapkan. Yang bersangkutan untuk keperluan diri sendiri membudget 1,5 jt per bulannya.

Solusi :
1. Lakukan relaksasi pikiran setiap hari dengan berolah raga/melakukan aktivitas yang disukai seperti memdengarkan musik guna mengurangi ketegangan otot syaraf.
2. Perlu dibekali ilmu tentang psikologi perkembangan guna menghemat pengeluaran dan ilmu psikologi kependudukan yaitu dengan ikut program KB.
3. Sadar diri dan membuat skala prioritas kebutuhan rumah tangga serta belajar dari orang lain yang sudah membuktikan berhemat.
4. Selalu berdo'a memohon kepadaNYA semoga diberi kemudahan dan kelancaran mencari rezeki dan bersedekah.

Terima Kasih semoga bermanfaat.
Salam sukses selalu.........!

0 comments:

Post a Comment