12.9.15

SERING DIPAKAI, KUALITAS AIR MAKIN RENDAH




Yudha Andri Riyanto
Fakultas psikologi
Universitas proklamasi 45 Yogyakarta

Pembangunan dan perbaikan infrastruktur, seperti embung dan jaringan irigasi merupakan gerakan hemat air. Perilaku masyarakat dalam pengolahan air bersih menjadi peran penting.
Merubah perilaku diri sendiri mulai dari berhemat air, saling mengingatkan dll. Saat ini banyak pemanfaatan air oleh oknum yang tidak memenuhi kaidah efisiensi, efektifitas, dan berkelanjutan. Ketersediaan air yang terbatas tidak merata, dan cenderung berkurang akibat pemanfaatan tersebut.
Semakin banyak yang memakai air itu akan semakin rendah mutunya. Pembangunan embung merupakan upaya menyimpang air hujan untuk penyediaan air bersih. Hal ini dapat mendukung gerakan hemat air dibidang pertanian yaitu untuk air irigasi. Jaringan irigasi perlu diperbaiki untuk meningkatkan efisiesi dan efektifitas pelayanan air. Hal lain untuk gerakan air bersih dengan cara: pemakaian pupuk organic atau kompos, penerapan budi daya padi dengan system of rice intensification hal ini dapat menghemat air 30 – 50 %
Bupati seleman, Sri Purnomo mengharapkan masyarakat perlu mencermati apakah air yang dikonsumsi sudah bersh. Kami juga menghimbau masyarakat agar menjaga kualitas air dimanapun berada, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Rujukan: Rima Sekarani I.N. Harian Jogja 15 maret 2015

0 comments:

Post a Comment