24.9.15

" PULUHAN RIBU PADATI GL ZOO Hari Ini, Puncak Liburan Panjang "



RINGKASAN ARTIKEL : PULUHAN RIBU PADATI GL ZOO

Hari Ini, Puncak Liburan Panjang

Jati Pramono
 
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 

Yogyakarta

YOGYA (KR) – Puluhan ribu pengunjung memadati objek wisata Gembira Loka (GL) ZOO Yogyakarta pada liburan panjang Kenaikan Isa Al Masih, Kamis (14/5) dan Isra’ Mi’raj, Sabtu (16/5). Bahkan, lalu lintas kendaraan menuju objek wisata tersebut berjalan merayap perlahan. Diprediksi Minggu (17/5), hari ini, menjadi puncak keramaian di objek wisata tersebut.


Salah seorang pengunjung asal Klaten, Susi mengatakan, sengaja datang ke GL Zoo bersama seluruh anggota keluarganya karena penasaran dengan objek wisata tersebut. Setahun lalu ia pernah datang, begitu mendengar kabar ada koleksi baru, ia menjadi penasaran untuk datang lagi. “Kebetulan juga lagi liburan, jadi ikut kesini (GL Zoo),”Ucapnya.

Menurutnya, saat ini GL Zoo sudah lebih baik lagi dibandingkan dengan setahun yang lalu. Apalagi, satwa koleksinya juga semakin banyak, alur pejalan kaki juga sudah tertata. Kandang-kandangnya juga sudah bagus, sehingga satwanya terlihat dengan jelas. “Satwanya lucu-lucu. Burungnya juga bagus-bagus,”katanya.

Direktur Utama GL Zoo KMTA Tirtodiprojo mengatakan, seminggu ini, GL Zoo dibanjiri pengunjung dari berbagai daerah, seperti Klaten, Kebumen, serta seputaran wilayah Jawa Tengah. Umumnya mereka datang ke GL Zoo secara berombongankeluarga maupun studi tur sekolah. “Lumayan ramai. Apalagi, saat ini banyak koleksi di GL Zoo,”Ucapnya, Sabtu (16/5).
Berdasarkan data di GL Zoo seminggu terakhir ini, dalam sehari GL Zoo rata-rata dikunjungi 12 ribu sampai 15 ribu pengunjung. Bahkan, pada akhir pekan bisa mencapai 20 ribu pengunjung. Selain lokasi objek wisata ini sangat strategis di pusat Kota Yogya, objek wisata ini juga sudah sangat tertata dan bersih, sehingga pengunjung merasa nyaman liburan di GL Zoo.

“Koleksi terbaru yang ada di GL Zoo jenis burung flamingo. Bulunya berwarna putih dan kemerahan, sepintas memang mirip bangunan atau kuntul sawah. Flamingo baru ini didatangkan dari luar negeri. Selain itu, ada juga penguin jaskies yang menjadi daya tarik di zona burung GL Zoo,”kata Joko, Panggilan akrab Tirtodiprojo.

Joko Mengatakan, sebagai salah satu lembaga konservasi, GL Zoo juga terus menjaga kelestarian ingkungan. Bahkan, sejumlah tanaman jenis langka di tanam di areal GL Zoo, sehingga semakin rindang kawasannya.

Menurutnya, GL Zoo bukan sekedar tempat rekreasi semata, namun juga dikembangkan sebagai wahana pendidikan, sehingga sejumlah koleksi dari luar negeri juga didatangkan ke objek wisata andalan Koya Yogya ini. (Asa)-d

Sumber Pustaka :

Suwanto, Agus. (2015). Puluhan Ribu Padati GL Zoo Hari Ini, Puncak Liburan 
Panjang.KedaulatanRakyat, 6 Mei.

0 comments:

Post a Comment