28.9.15

" Pelestari Motif Batik Garutan"

Tri Jumiati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa).Yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu kala.Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan perkembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada kerajaan Solo dan Yogyakarta.
Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi turun menurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini beberapa motif batik tradisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam. Iman Romdiana adalah pelestari batik di Garut,Jawa barat. Karena bagi Iman batik hanya biasa dipakai oleh para turunan raja.
Persoalannya bagaimana cara melestarikan batik,yaitu :
1.       Membuat UU Perlindungan hak cipta batik
2.       Menggunakan batik minimal 1x dalam seminggu(tidak hanya seragam, juga dengan keadaan santai)
3.       Setiap SD hingga SMA wajib memiliki lab batik
4.       Menanamkan pendidikan batik sejak Pre School
5.       Setiap sekolah yg memiliki lab harus memiliki peralatan membuat batik minimal 10 peralatnya.
6.       Membiasakan diri menggambar batik sesuai dg ide kita
7.       Mengetahui sejarah awal batik
8.       Mengadakan pameran-paneran batik, tak hanya dalam bentuk kain, tetapi juga di pamerkan berbagai kerajinan yang memanfaatkan batik. Di dalam pameran tersebut batik juga mengadakan proses pembuatan batik. Pameran diadakan 1x setahun. Setiap kota yg menyelenggarakan wajib mengenalkan batik yg berasal dari kota tersebut.
Mungkin dengan cara demikian dapat membantu melestarikan batik di Indonesia.

Sumber : Muhtadi. Dedi . (2015) . Pelestari Motif Batik Garutan . Kompas . 1 juni . Hal. 16




0 comments:

Post a Comment