12.9.15

(PENTING) Apa Perbedaan dan Persamaan Obat Generik dengan Obat Paten ?

Naurmi Rojab Destiya
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


 Assalamualaikum.. 

(singkat cerita) pernahkah anda mengetahui apa perbedaan obat generik dengan obat paten? karena informasi ini sangat penting untuk anda ketahui.
Kebetulan saya kerja di sebuah Apotek didaerah jogja, dan saya menjadi salah satu asisten apoteker diapotek tersebut. Tadi ada seorang pasien berkunjung, ia mencari obat paten yang ternyata diapotek kami obatnya belum datang dari PBF, untuk menunggu obat datang pasien tidak mau. Akhirnya saya menawarkan obat generik dari obat tersebut.
  

Pasien :  Mbak beli obat sanmol satu strip” (maaf sebut merk) 
Saya : Maaf mbak kebetulan obat yang mbak cari itu sedang kosong belum datang lagi dari PBF. Kami adanya obat generiknya sanmol mbak.. bagaimana? 
Pasien : Kok dimana mana kosong yah mbak? Apa sih mbak perbedaan dan persamaan obat generik sama obat paten? saya ngak tau..
berikut penjelasannya singkat dari saya :
Persamaan obat generik dengan obat paten …
  
Oh... jadi mbak sudah mencari ke beberapa tempat dan ternyata obatnya dimana-mana kosong? (senyum cantik, hehee) Itu kemungkinan karena obat akan mengalami kenaikan harga mbak, atau ada masalah dalam pendistribusian obat. Kalau persamaan obat generik dengan obat paten itu, pada dasarnya obat generik dan obat paten memiliki zat aktif yang sama, misal antara Parasetamol dan Sanmol (maff sebut merk, hehe) sama-sama berisi parasetamol atau para-amino-fenol yaitu obat yang digunakan untuk antipiretik (penurun panas, bisa untuk nyeri). (Jadi obat generik dengan obat paten itu "sama" sama khasiatnya sama kegunaannya).

UJI KLINIS

Perlu diketahui bahwa, sebelum obat dipasarkan (baik obat generik maupun paten) terlebih dahulu harus dilakukan uji pra klinis (uji pada hewan) dan uji klinis (uji pada manusia) terkait khasiat dan toksisitas obat. Maka, jika obat telah resmi beredar, khasiat dan keamanannya telah teruji. Termasuk antara obat generik dan obat paten, supaya dikatakan bahwa keduanya memilki khasiat yang sama.

Lalu Perbedaan antara obat generik dan obat paten ...

Obat generik merupakan program pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat terhadap obat, maka pemerintah menunjuk beberapa pabrik untuk memproduksi obat generik dengan memberikan subsidi biaya produksi sehingga harganya lebih murah dibanding obat paten (harga mencapai 1/10 nya). 

Sedangkan produksi Obat paten memerlukan biaya yang lebih banyak dan sebagian besar untuk keperluan non-produksi, misal mengurus hak paten, promosi melalui iklan besar-besaran dengan ikon artis ibukota yang menghabiskan dana milyaran dan promosi melalui seminar atau pelatihan para tenaga kesehatan.

Berbeda dengan obat generik yang promosinya tidak begitu gencar, kalaupun promosi melalui iklan, hanya berupa iklan layanan masyarakat. Perbedaan yang lain ada pada bentuk kemasan, obat generik dibungkus dengan kemasan yang lebih sederhana, tidak seperti obat paten yang terkesan mewah. Maka tidak heran ketika harga obat generik dan paten sangat berbeda jauh.

Jadi pada intinya obat generik dan paten itu mempunyai khasiat yang sama TIDAK Ada bedanya, hanya saja tinggal sugesti (kepercayaan) para pasien sembuh dengan obat yang mana? Begitu mbak,..

Pasien : oh ... jadi begitu mbak, makasih ya mbak penjelasannya. saya sudah sangat jelas. yaudah mbak beli paracetamolnya 1 strip saja ^^

Terimakasih.. untuk para pembaca yang budiman, jangan lupa tinggalkan komentar yah..
Semoga bermanfaat :)

3 comments:

  1. Terimakasih mba cantik buat informasinya 😊 bermanfaat banget ini lho mbaa 😉

    ReplyDelete
  2. Orang Pintar minum Obat Generik ..
    Kasiat Sama ..
    Harga Terjangkau ..
    Obat Generik, Sahabat para Pelajar ..
    Terutama Anak Kost .. :v

    ReplyDelete