28.9.15

Pariwisata Industri unggulan yang membuat Indonesia Juara

Pariwisata Industri unggulan yang membuat Indonesia Juara
Psikologi Industri
Fiki Fatimah
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Babak baru di Indonesia masa pemerintahan Joko Widodo telah dicanangkan berbagai rencana dengan menjadikan Pariwisata mnjadi salah satu dari 5 sektor prioritas yang di targetkan oleh masa pemerintahan presiden baru ini.
Persoalan dasarnya dari dulu pardigma rezim berlalu dengan paradigma yang sama,akankah JokoWi bisa membawa Indonesia ke pusakanya untuk menjadi juara.
Dari hampir 70 tahun Indonesia merdeka,harusnya keunggulan komparatif Indonesia berada pada sektor Pariwisata sejatinya,akan tetapi kenyataannya sejarah pariwisata Indonesia adalah sejarah yang termarjinalkan,yang di anggap sektor pinggiran bukan karena potensinya yang gurem,akan tetapi karena paradigma pembangunan nasionalnya yang menyepelekan.
Akibatnya dampak dari pariwisata yang tidak diunggulkan sumbangan devisa Indonesia pariwisata terhadap devisa negara jauh lebih kecil dibandingkan pariwisata ketiga negara yaitu : Malaysia,Singapura,Thailand.Persoalannya mengapa Indonesia harus mengedepankan sektor pariwisata.
Jawabannya mengutip catatan menteri pariwisata,karena meningkatnya destinasi dan investasi,pariwisata menjadi faktor kunci dalam pendapatan ekspor,penciptaan lapangan kerja,dan pengembngan usaha serta infrastruktur.
Selain itu priwisata juga salah satu sektor ekonomi terbesar dan tercepat pertumbuhannya di dunia,dan pertumbuhan jumlah pejalan internasional tumbuh posistif.
Jika Indonesia tertinggal dalam memanfaatkan tren pariwisata dunia ,tapi Indonesia masih unggul dalam eksotisme alamnya yang dicari wisatawan mancanegara.



Sumber : Agung.Saputra.Laksana.Fx . (2015 ) . Keharusan Indonesia Mengunggulkan Pariwisata Sebagai Sektor Prioritas . Kompas . 28 Mei . Hal. 17

0 comments:

Post a Comment