12.9.15

Ringkasan Artikel: Naikkan Pendapatan dengan Bank Sampah

Ringkasan Artikel
Tri Welas Asih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Sampah merupakan material sisa baik dari hewan, manusia, maupun tumbuhan yang tidak terpakai lagi dan dilepaskan ke alam dalam bentuk padatan, cair ataupun gas. Sampah Organik, yaitu sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah lebih lanjut menjadi kompos. Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas minuman, kaleng, kayu, dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk laiannya.

Persoalan yang banyak terjadi sampai saat ini adalah pengolahan sampah yang belum maksimal.Mengapa hal ini terjadi? Karena masyarakat belum mengetahui sampah yang bernilai ekonomi ,yang bisa di daur ulang,dan dimanfaatkan lagi.Mereka juga belum mengetahui cara pengolahan sampah yang baik.Menurut sebagian masyarakat bahwa semua sampah itu tidak bisa dimanfaatkan lagi.Seharusnya masyarakat yang sudah mengetahui manfaat sampah,petugas kebersihan serta dinas kebersihan membantu kepada masyarakat umum untuk bisa lebih maksimal dalam pengolahan sampah.Beberapa tindakan untuk memanfaatkan sampah secara maksimal antara lain,mendirikan bank sampah yang mengolah sampah yang masih memiliki nilai ekonomis,mendaur ulang sampah organik menjadi pupuk,memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang sampah yang masih bisa dimanfaatkan,sehingga bisa menambah pendapatan.


Sumber  tulisan : ART ,(2015),Naikkan Pendapatan dengan Bank Sampah, Kompas  25 April 2015 ,hal 26

3 comments:

  1. Mbak Asih, senang bikin kliping ya? Mbak Asih mau saya undang ke sekolah binaan saya untuk mengajari saya dan teman-teman cara membuat kliping yang menarik? Sekolah saya agak pelosok, di Kasihan Bantul. Kliping kan tidak sekedar menempelkan guntingan koran tho? Kapan ya saya bisa ketemu mbak Asih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. insha Allah kita bisa berbagi pengalaman mba,inbox di 085728918947 aja mba

      Delete