20.9.15

" Motivasi Kerja "



Kasus no. 2
Artikel dengan Topik : Motivasi Kerja
 
Jati Pramono
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Kasus :  Pak Candra, karyawan divisi marketing (34 tahun). Bekerja di sebuah bank milik pemerintah, mempunyai problem motivasi kerja yang tidak stabil, kadang tinggi dan rendah.


Pak Candra mempunyai seorang anak berumur 2 tahun dan istrinya bernama Anggi yang berusia 28 tahun, yang saat ini istrinya baru merintis sebuah usaha warung kelontong. 

Pak candra setiap hari senin sampai sabtu berangkat kerja pkl. 07.00 wib dan pulang pkl. 20.00 wib. Ia bekerja sudah 5 tahun di yogyakarta dan kebetulan jarak dari rumah ke kantor 45 km. 
Ia merasakan motivasi yang rendah, karena kebijakan aturan dari perusahaan tempat ia bekerja sekarang sering berubah-ubah, kadang memberi kemudahan kadangpula karyawan dipersulit pada saat pencairan. 

Dengan produk yang tidak mudah dijual dan kondisi pangsa pasar yang banyak saingan dengan suku bunga yang ditawarkan lebih kecil. Perusahaan yang dirasa kurang memperhatikan kondisi lapangan saat ini ditambah tidak adanya training yang bisa mengasah ketrampilan para karyawannya. Mau tidak mau ia jalani dengan sabar. Berbekal impian yang kuat serta daya tahan yang cukup ia mencoba bertahan karena dukungan dari keluarga. 

Harapan ingin mencukupi kebutuhan yang layak untuk keluarganya menjadi prioritas utama pak candra saat ini. Ia terus menggali daftar nama dengan prospekting calon debitur dengan menargetkan minimal 8 kunjungan per hari. 

Kinerja 3 bulan terakhir ini bisa dikatakan ia termasuk 5 besar marketing dengan pencairan tertinggi secabang yogyakarta. Maka dari itu, dalam waktu 2 bulan terakhir ini perusahaan mengeluarkan memo untuk marketing yang mampu menembus target per bulannya sebesar 150 jt nett akan mendapatkan 0,1 %nya dari total target tiap bulannya. Pak candra pada bulan maret mendapat tambahan uang tunai sebesar Rp. 259.000,00 karena tembus target nett sebesar Rp. 259.000,00 dan bulan april mendapat tambahan sebesar Rp. 300.000,00. Hal ini dirasakan cukup membantu perekonomiannya 2 bulan terakhir ini.

Sekian...

0 comments:

Post a Comment