14.9.15

Kualitas SDM Kunci Menuju Kesejahteraan


Tri Jumiati
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta




Kualitas SDM adalah sumber daya yang memenuhi kriteria kualitas fisik dan kesehatan, kualitas intelektual (pengetahuan dan keterampilan), dan kualitas mental spiritual (kejuangan). Jumlah penduduk Indonesia yang telah sedemikian besar, merupakan modal berharga jika salah satu visi Indonesia 2030, yaitu mencinptakan kualitas hidup yang modern dan merata dapat terwujud. Tetapi realitanya, masih ada banyak hal yang perlu indonesia lakukan dan perbaiki. Kualitas SDM yang menurun ditunjukkan karena ada beberapa daerah di Indonesia yang kaya akan Sumber Daya Alam, tetapi SDM-nya tidak memadai.

Karena kualitas SDM merupakan kunci kesejahteraan. Jadi, Peningkatan kualitas SDM Indonesia menjadi SDM yang unggul setidaknya membutuhkan dua strategi. Pemerintah harus meningkatkan kualitas SDM dengan dua strategi tersebut diantaranya, yaitu :

1.  Menciptakan pendidikan yang terjangkau dan berkualitas. Selanjutnya, meningkatkan kompetensi pendidik dan pemberian beasiswa tetap bagi anak – anak yang kurang mampu juga harus selalu diperhatikan. Kualitas SDM yang secara merata telah dimiliki, baik dalam ilmu pengetahuan maupun keterampilan, akan mendukung transformasi Indonesia sebagai negara maju. Namun, harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan konsisten agar tidak percuma.
2.        Perbaikan status kesehatan untuk mewujudkan SDM Indonesia yang produktif. Dengan memberikan pelayanan kesehatan mendasar yang merata terhadap seluruh masyarakat Indonesia. Kesehatan mendasar meliputi peningkatan gizi, pencegahan wabah penyakit, penanganan terhadap penyakit dan penyediaan obat – obatan yang berkualitas dan memadai.

Sumber berita :

Kurnia, Lasti. (2015). Kualitas SDM kunci menuju kesejahteraan. Kompas, 18 Mei. Halaman 2.

0 comments:

Post a Comment