20.9.15

"Hidroponik Cocok Untuk Gunungkidul"



RINGKASAN ARTIKEL : Hidroponik Cocok Untuk Gunungkidul

Jati Pramono
 
Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Lahan yang sempit, tidak menghalangi untuk bisa bercocok tanam terutama untuk budidaya tanaman sayuran. Budidaya tanaman sistem hidroponik adalah solusinya bagi bagi warga perkotaan  yang tidak memiliki lahan cukup. Bahkan sistem hidroponik juga cocok untuk dikembangkan di Gunungkidul daerah yang kerap di landa kekeringan karena bisa menghemat air.


Seperti yang dilakukan Budi Kuncoro yang kesehariannya sebagai tenaga harian lepas di Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Gunungkidul ini, telah mencoba budidaya tanaman hidroponik di lahan pekarangannya.

Menurutnya, hidroponik merupakan budidaya tanaman yang hemat air karena air hanya akan terserap tanaman dan hanya sebagian yang menguap ke udara. Air tidak terbuang sia-sia. Kelebihan dari sistem ini usia panen tanaman sama dengan penanaman dengan media tanah namun tanamannya lebih besar karena penyerapan nutrisi dalam jumlah dan komposisi yang tepat seperti kebutuhan tanaman.

Hidroponik merupakan budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah, dapat dilakukan di sekitar rumah meskipun lahannya relatif sempit. Tanaman ini terkesan indah dan bersih sehingga memudahkan dalam pengolahan dan harganya pun lebih tinggi.”Selain menghasilkan juga bisa menghiasi sekitar rumah.” Ujarnya.

Budidaya tanaman hidroponik ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas, seperti botol dan gelas bekas air mineral, jerigen bekas minyak atau pipa plastik yang sudah tidak bermanfaat.

Bagi para ibu rumah tangga, dipastikan akan mampu membudidayakan tanaman hidroponik karena caranya yang mudah dan murah tetapi bisa menghasilkan. Menurut Budi Kuncoro di kediamannya Dusun Ringinsari Wonosari ini, dirinya siap menularkan ilmunya dan praktik budidaya hidroponik ke berbagai instansi, kelompok tani atau komunitas masyarakat lainnya.

(Agus Waluyo)-g


Sumber Pustaka :
Waluyo, Agus. (2015). Hidroponik Cocok Untuk Gunungkidul. Kedaulatan Rakyat, 27 Maret.

 


0 comments:

Post a Comment