18.9.15

Ringkasan Artikel Transportasi Gratis dari Pemprov



Oleh: Nunuk Priyati
Fakultas: Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Pelarangan sepeda motor melintasi jalan Medan Merdeka belum mempengaruhi jumlah penumpang  gratis bus trans jakarta yang disediakan pemprov. Hal ini terjadi karena warga memilih menggunakan kendaraan pribadi seperti motor yang memberi jaminan kepastian waktu tiba di tempat tujuan. Pengendara sepeda motor tersebut memilih jalur alternatif di luar jalan MH Tamrin—Medan Merdeka Barat. Uji coba hari pertama pelarangan sepeda motor melintas di jalan Medan Merdeka, rabu 17 Desember berlangsung lancar.

 Pada jam sibuk sore hari terjadi peningkatan atas sepeda motor yang melewati jalan alternative seperti di jalan KH Mas Mansyur sehingga cukup macet. Sedangkan di pagi hari masih relatif lancar. Jalan keluar yang bisa dilakukan untuk mengatasi persoalan ini ialah dengan memperbaiki layanan publik. Selama layanan publik masih buruk, warga akan memilih menggunakan kendaraan pribadi. Kebijakan terkait transportasi seharusnya dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan warga akan layanan transportasi cepat, murah, aman, nyaman dan mudah diakses.
Hubungan artikel ini dengan Psikologi lingkungan ialah kebijakan terkait transportasi memang diperlukan untuk kenyamanan bersama namun kebijakan transportasi perlu dukungan semua pihak sehingga dapat terlaksana lancar tanpa membentuk kepadatan dan kemacetan baru di jalan lain.
Sumber:
Dea. (2014). Uji Coba Belum Berpengaruh: Kompas, Kamis 18 Desember 2014 hal 25

photo.liputan6.com

0 comments:

Post a Comment